Widget HTML Atas

Sambal Dabu-dabu Khas Manado

 

Sambal, salah satu pelengkap lauk pauk. Orang Indonesia pasti doyan yang namanya sambal. Sambal dari daerah manapun pasti enak sih. Kamu suka sambal darimana?

Di daerah asal saya, Sulawesi Utara sambal khasnya adalah dabu-dabu. Kalau orang Manado atau warga Kawanua sering menyebutnya "dabu-dabu lilang" yang memiliki arti sambal yang dipotong-potong. Karena semua bahannya dipotong tipis dan dicampur menjadi satu.

Sambal dabu-dabu menjadi idola, bukan saja untuk orang manado tetapi semua orang suka sambal yang mirip dengan sambal matah khas bali.

Cara membuatnya pun sangat mudah dan praktis. Kamu bisa menyiapkan bahan-bahannya seperti; tomat, bawang merah, cabe rawit, jeruk nipis, minyak goreng dan garam. Jeruk yang dipakai untuk sambal dabu-dabu ini seharusnya "lemong cui" jeruk limau yang banyak dijual di pasar-pasar manado. Namun, bisa kok pakai jeruk nipis biasa. Cuman untuk lebih autentik, pakailah lemong cui.

Cuci bersih semua bahannya, kemudian kamu tinggal mengiris tipis-tipis bawang merah, tomat dipotong dengan bentuk dadu-dadu kecil, cabe rawit diiris tipis lalu campurlah semuanya ke mangkok atau wadah. Kemudian diikuti memasukan perasan jeruk nipis atau lemong cui dan garam secukupnya sesuai selera. 

Untuk lebih nendang lagi, minyak goreng kamu panasin, setelah itu tumpahin deh ke sambal dabu-dabu tadi. Selesai! Kamu akan menemukan rasa gurih, pedes dan fresh! Oh ya, kamu bisa memakai minyak goreng sisa menggoreng ikan. Cobain deh, pasti beda rasanya dan enak.

Sambal dabu-dabu ini cocoknya dinikmati dengan nasi hangat dan ikan goreng. Dicocol atau diaduk ama nasi, makannya lebih nikmati kalau pake tangan lho. Hehe. Kalau kamu gak terlalu doyan ikan, kamu bisa memadukannya dengan ayam goreng, tahu dan tempe. Sambal dabu-dabu ini juga bisa diaduk ama pete. Itu sih, tergantung selera masing-masing.

BACA SELENGKAPNYA Biasanya orang Manado atau warga Kawanua, menikmati dabu-dabu lilang dengan ikan cakalang goreng. Wuih, jadi kangen kampung halaman.

Setelah membaca artikel ini, dipersilahkan mencoba yah. "Torang samua basudara"


Tidak ada komentar untuk "Sambal Dabu-dabu Khas Manado"