Widget HTML Atas

4 dari 3529 Jenis Kuliner Indonesia Ini Memiliki Kisah Legenda yang Menarik


Berbicara mengenai kuliner, Indonesia jelas adalah "tanah air beta." Tentu kemanapun kita pergi, masakan Indonesia akan selalu terasa sesak di dada.

Dengan total 34 provinsi, tahukah kamu berapa jumlah kuliner asli Indonesia? Menurut Prof. Dr. Ir. Murdjiati Gardjito, seorang peneliti dan pakar kuliner senior, ada 3.259. Ini belum termasuk kuliner khas daerah terpencil yang tidak memiliki nama, ataupun jenis yang baru tercipta.

Menurut Prof. Murdjiati, hal ini disebabkan karena Indonesia memiliki kekayaan bahan baku kuliner yang besar, mulai dari sayur-sayuran hingga buah-buahan. Jika diperincikan lagi, dari ke 3.259 jenis kuliner ini, maka profilnya adalah;

Makanan utama: 208,
Makanan pendamping dengan santan: 292,
Makanan pendamping sup: 554,
Makanan pendamping tanpa sup: 959.
Makanan ringan basah: 750.
Makanan ringan kering: 263.
Minuman: 147.
Lain-lain: 84.
"Kita punya lebih dari 200 sayur, 400 buah, 1.600 rempah. Jadi kalian bisa membayangkan seberapa besar dapur kami," ucap penulis 60 buku kuliner ini.
Lebih lanjut, Prof. Murdjiati mengatakan bahwa makanan Indonesia dipengaruhi oleh beragam budaya mulai dari China hingga Belanda. Adapun secara demografis, strukturnya adalah sebagai berikut;

Sumatera bagian barat dipengaruhi India dan Arab.
Sumatera bagian timur dipengaruhi China dan Malaysia.
Jawa bagian utara dipengaruhi China, Arab, dan Belanda.
Kalimantan bagian barat dipengaruhi China dan Malaysia.
Sulawesi bagian utara dipengaruhi Spanyol.
Maluku dipengaruhi Portugis dan Belanda.
Selain kaya beragam, kuliner Indonesia juga tidak terlepas dari kebudayaan yang menyerta. Sebagai contoh, bubur merah-putih sering dikaitkan dengan prosesi perubahan nama. Ketupat erat dengan lebaran, dan ronde atau umba-umba di Makassar selalu hadir sebagai sajian acara akbar.

Sebelumnya penulis telah menulis dua artikel tentang masakan China. Yang pertama adalah filosofis yang mendasari dan yang kedua adalah kisah di balik lima masakan China terkenal.

Tak kalah dengan makanan China yang kaya filosofis dan legenda. Tahukah kamu jika ternyata ada juga beberapa masakan di Indonesia yang juga memiliki hikayat di baliknya? Penasaran? Berikut 4 makanan khas yang terkenal dengan cerita rakyatnya;

Segoo Roomo , docang , Rujak Cingur , Sambal Nyale

Menarik bukan? Kuliner di Indonesia memang tiada duanya. Beberapa bahkan sudah meraih prestasi dunia, seperti Rendang yang dinobatkan sebagai peringkat pertama makanan terenak dalam "World's 50 Most Delicious Foods versi CNN International" pada tahun 2011.

BACA SELENGKAPNYA Hingga kini masakan Indonesia terus berevolusi. Sebagian terpengaruh oleh budaya asing yang mendunia, sebagian lagi masih merupakan kreasi anak bangsa sendiri yang berpacu pada kearifan lokal.


 

Tidak ada komentar untuk "4 dari 3529 Jenis Kuliner Indonesia Ini Memiliki Kisah Legenda yang Menarik"