Widget HTML Atas

Ayam Sampyok


Ayam sampyok khas Betawi kerap disajikan di acara hajatan hingga acara syukuran.
Menu olahan yang berbahan dasar dari ayam memang sangat beragam. Masing-masing punya cita rasa unik, salah satunya ayam sampyok.

Menu ini asalnya menggunakan ayam kampung tapi kamu bisa juga menggunakan ayam negeri. Nah, berikut ini resep untuk membuat ayam sampyok

Bahan-bahan Ayam Sampyok:

  1. 1 kg dada ayam kampung
  2. Wijen secukupnya
  3. 3 lembar daun jeruk
  4. Kecap manis pedas gurih secukupnya
  5. 1 ruas jari lengkuas lalu memarkan
  6. 3 batang serai memarkan
  7. Air secukupnya
  8. 6 sdm madu
  9. 5 siung bawang putih
  10. 3 lembar daun salam
  11. Margarin secukupnya
  12. 1 ruas jari kunyit
  13. 6 butir kemiri sangrai
  14. 1 sdt lada
  15. 8 butir bawang merah
  16. 1 ruas jari jahe
  17. 1 sdt ketumbar
  18. Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan kemiri, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lada, ketumbar, dan garam lalu ulek semua bahan tersebut hingga halus. Sisihkan terlebih dahulu.
  2. Bersihkan ayam lalu potong – potong sesuai selera. Lalu lumuri dengan bumbu yang sudah diulek tadi hingga tercampur merata. Tunggulah hingga beberapa saat hingga bumbu meresap ke dagingnya.
  3. Rebus air secukupnya hingga mendidih lalu rebus potongan ayam tambahkan dengan daun jeruk, daun salam, lengkuas, dan serai.
  4. Aduk – aduk hingga merata lalu tutup dan diamkan kurang lebih selama 15 menit lalu tuangkan kecap secukupnya dan madu. Aduk – aduk hingga merata lalu angkat, tiriskan dan sisihkan.
  5. Selanjutnya  siapkan panggangan lalu olesi dengan margarin secukupnya kemudian masukan ayam dan panggang hingga ayamnya matang. Angkat dan taruh di piring saji lalu taburi dengan wijen secukupnya.
  6. Ayam sampyok siap disajikan.


BACA SELENGKAPNYA Ayam sampyok merupakan perpaduan cita rasa Tiongkok dan Betawi yang khas. Tak hanya dimasak sekali, tapi dua kali untuk memastikan bumbu meresap.
 

Tidak ada komentar untuk "Ayam Sampyok"