Widget HTML Atas

Bulung Kuah Pindang


Pulau Bali begitu terkenal sebagai destinasi wisata. Namun, pengetahuan tentang kuliner khas di pulau ini masih begitu minim. Banyak wisatawan lokal yang tak tahu deretan makanan enak yang biasa dinikmati oleh orang-orang Bali. Salah satunya yang tak hanya enak, tetapi juga menyehatkan adalah bulung buni kuah pindang.

Bulung buni kuah pindang merupakan kuliner khas yang berasal dari Kabupaten Jembrana. Bulung dalam bahasa Bali merupakan sebutan untuk rumput laut hijau. Oleh karena itu, ketika Anda ingin menyantap makanan ini, maka bahan utama yang bakal muncul di piring adalah tumpukan rumput laut hijau yang masih dalam kondisi segar.

Cara Pembuatan Bulung Buni Kuah Pindang
Dalam proses pembuatannya, kuliner khas Bali ini bisa dibuat dengan 2 macam rumput laut, yakni bulung buni dan bulung rambut. Hanya saja, Anda akan menjumpai cara pemrosesan yang begitu berbeda. Pada bulung buni, tidak ada proses perebusan. Namun, situasi berbeda ketika Anda menggunakan bahan utama bulung rambut.

Bulung buni yang akan digunakan membuat bulung buni kuah pindang sebelumnya dibersihkan terlebih dahulu. Seperti yang telah disebutkan, bulung ini tidak perlu dimasak. Sebagai gantinya, Anda perlu mencuci rumput laut buni dengan air panas dan merendamnya secara beberapa menit.

Selanjutnya, ada beberapa bumbu yang perlu dipersiapkan. Bumbu tersebut di antaranya adalah kelapa parut, kuah pindang, lengkuas, cabai merah, terasi bakar, serta perasan air jeruk limau. Anda dapat mengguyurkan campuran tersebut ke bulung yang telah ditaruh di atas piring. Sebagai tambahan, Anda bisa membubuhkan kacang ataupun kedelai goreng pada makanan ini.

Manfaat Bulung Buni Kuah Pindang untuk Kesehatan
Seperti yang telah Anda ketahui, bulung buni kuah pindang dibuat dengan bahan-bahan alami. Proses pembuatannya juga begitu sederhana sehingga tidak merusak kandungan nutrisi yang ada di dalam rumput laut. Bahan rumput laut sendiri, terkenal dengan kandungan nutrisi yang kaya, seperti protein, lemak, karbohidrat, asam amino, vitamin, selenium, dan lain-lain.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan tradisional Bali ini berguna untuk meningkatkan kondisi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat mengonsumsi bulung buni kuah pindang adalah:

1. Mencegah Penyakit Kanker
Konsumsi rumput laut dalam bulung buni kuah pindang berpotensi mencegah pertumbuhan sel kanker. Alasannya, bahan ini mengandung zat yang mampu mengurangi pertumbuhan hormon esterogen.

2. Mencegah Darah Tinggi & Risiko Stroke
Anda yang punya penyakit darah tinggi, biasanya rentan terkena serangan stroke. Anda dapat mencegahnya dengan menikmati kuliner tradisional Jembrana Bali ini. Rumput laut yang menjadi bahan utama makanan ini, punya kemampuan dalam menyerap garam berlebih yang ada di dalam tubuh.

3. Menyehatkan Kulit & Pencegahan Penuaan Dini
Vitamin, asam amino, serta mineral yang ada di dalam rumput latu memiliki fungsi penting sebagai antioksidan. Peran sebagai antioksidan ini kemudian berdampak secara positif dalam menjaga penampilan. Anda tidak akan mengalami masalah kulit keriput kalau rutin mengonsumsi rumput laut.

4. Pencegahan Osteoporosis
Osteoporosis atau tulang rapuh juga dapat dicegah dengan mengonsumsi rumput laut yang jadi bahan utama bulung buni kuah pindang. Apalagi, kandungan kalsium yang ada di dalam rumput laut, ternyata jauh lebih tinggi dibandingkan kalsium pada susu.

BACA SELENGKAPNYA Dengan mempertimbangkan manfaat yang bisa didapatkan, kuliner bulung buni kuah pindang layak untuk Anda cicipi saat di Bali. Cara mendapatkan kuliner ini juga begitu mudah. Anda bisa menjumpainya saat berburu kuliner ke pasar-pasar tradisional yang ada di Pulau Bali.


 

Tidak ada komentar untuk "Bulung Kuah Pindang"