Widget HTML Atas

Edukasi Digital Marketing untuk Kelompok Usaha Terasi


Pengalaman luar biasa bisa menyampaikan program edukasi digital marketing untuk Kelompok Usaha Terasi (Belacan) di Desa Pangkalan Balai, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Meranti. Materi yang  disampaikan terkait dengan pentingnya Digital Marketing dalam mempromosikan produk. Karena Konsep dan penerapan digital marketing adalah hal yang penting dilakukan untuk mendongkrak penjualan produk dari suatu brand. Juga bisa memperkenalkan produk secara luas di dunia digital. 

PLT Kepala Desa Pangkalan Balai Bpk Muhammad Irwan menyampaikan bahwa sebelumnya kelompok usaha terasi (belacan) sudah beberapa kali mengikuti event-event bazar di Selatpanjang yang dibantu langsung oleh Baznas Kabupaten Meranti. Dari hasil penjualan mengikuti event bazar terjual habis. Berharap dengan adanya edukasi digital marketing ini bisa meningkatkan lagi penjualan tidak hanya di Kabupaten Kepulauan Meranti tapi juga di luar daerah. 

Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan penggunaan media sosial untuk memperkenalkan produk terasi(belacan). Dari membuat akun facebook, halaman facebook, akun instagram kemudian dikaitkan facebook - instagram. Tidak hanya itu edukasi penggunaan aplikasi Tiktok juga penting, karena dengan membuat konten digital di Tiktok bisa dijangkau banyak orang. Kemudian terakhir transaksi personal di Whatsapp Business. Kemudian saya menyampaikan tidak hanya di media sosial tetapi juga bisa pasarkan di marketplace. Di Riau sendiri ada marketplace khusus yang menjual produk khas daerah yaitu Soodu.id. Aplikasi Soodu.id sendiri tersedia di playstore dan bisa di download. Saya berharap kelompok usaha terasi (belacan) tidak hanya menjual satu produk saja namun juga bisa mengembangkan beberapa produk.  

BACA SELENGKAPNYA Kemudian dari Pendamping Desa Kabupaten Kepulauan Meranti Bpk Suparyo mengatakan harapannya dengan adanya  edukasi digital marketing dan marketplace Soodu.id bisa memviralkan kelompok usaha di Desa Pangkalan Balai ini. Namun, juga memperhatikan setelah viral harus siap membalas komunikasi dengan konsumen dan pengantaran barang seandainya banyak pembeli dari luar daerah. Karena jarak Desa Pangkalan Balai ke Kota Selatpanjang yang cukup jauh. Maka dari itu harus ada mempersiapkan kelompok yang memegang admin dan driver.  Dengan begitu insyaallah kelompok usaha terasi (belacan) desa bisa berjalan maksimal.


 

Tidak ada komentar untuk "Edukasi Digital Marketing untuk Kelompok Usaha Terasi"