Widget HTML Atas

Kemplang Ikan Khas Bangka

 


Anda sedang mencari ide resep kemplang ikan khas bangka yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal kemplang ikan khas bangka yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Kemplang ikan khas bangka DAPOER SUSAN Bangka Belitung. Deskripsi kemplang panggang krupuk khas Bangka. Terbuat dari ikan tenggiri, sagu, garam tidak menggunakan pemanis atau pun pengembang.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kemplang ikan khas bangka, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan kemplang ikan khas bangka yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat kemplang ikan khas bangka yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Kemplang ikan khas bangka memakai 7 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Kemplang ikan khas bangka:
  1. Ambil 1 kg tepung tapioka
  2. Sediakan 1 kg ikan yg sudah dihaluskan (di sini saya menggunakan ikan giling)
  3. Siapkan 10 siung bawang putih yg sudah dihaluskan
  4. Siapkan secukupnya es batu yg sudah dipecah beberapa bagian
  5. Sediakan 4 sendok teh garam
  6. Siapkan 4 sendok teh micin
  7. Sediakan sedikit air
Rasa dan aroma kemplang panggang khas , berbeda dengan kempalng goreng biasa meskipun bahan dan adonan yang digunakan sama. Resep Kerupuk Ikan Kemplang Bangka Yang Renyah Bagi masyarakat Indonesia khususnya, tentu saja kerupuk bukanlah makanan baru didengar. Camilan ini biasanya dinikmati dengan mengkonsumsinya secara langsung atau bersamaan hidangan lauk pauk lainnya sebagai pelengkap menambah selera makan. Kemplang adalah istilah bahasa bangka untuk menyebut kerupuk.

Langkah-langkah membuat Kemplang ikan khas bangka:
  1. Masukan ikan yg sudah digiling diwadah, campur dengan bawang putih, garam, micin, aduk rata
  2. Setelah tercampur rata masukan batus es yg sudah dipecah2. remas2 menggunakan tangan bersih.
  3. Masukan air sdikit saja. kemudian masukan tepung tapioka sedikit demi sedikit, smpai dirasa adonan sudah tidak lengket ditangan lagi.
  4. Bentuk adonan menjadi lonjong agak besar2. sisihkan 1 persatu smpai adonan selesai.
  5. Rebus air hingga mendidih dan masukan minyak goreng sedikit didlam air mendidih, agar adonan tidak lengket saat direbus. rebus hingga mengapung. jika sudah mengapung. siap di angkat
  6. Tunggu hingga dingin. jika sudah dingin, simpan di dlam kulkas sampai besoknya.(agar lebih mudah mengirisnya)
  7. Setelah itu, tinggal di iris2 dh. jgn terlalu tipis dan jgn terlalu tebal. sedeng2 aja ya
  8. Dan terakhir jemur dibawah terik matahari smpai kering. setelah beberapa hari dijemur dan dirasa sudah kering, angkat dan simpan di tempat yang tidak lembab. bisa digoreng kapan pun. Selamat mencoba
Kemplang panggang merupakan kerupuk ikan yang dimasak dengan cara dipanggang. Rasa dan aroma kemplang panggang khas , berbeda dengan kempalng goreng biasa meskipun bahan dan adonan yang digunakan sama. Kerupuk alias kemplang (bahasa bangka) yang ini berbeda dari kemplang panggang ikan, meskipun tetap terbuat dari ikan namun kandungan ikannya lebih sedikit. Digoreng dengan pasir panas yang sudah dibersihkan, sehingga kemplang ini lebih garing dan tentunya bebas lemak karena tidak menggunakan minyak goreng. Kemplang dan getas juga merupakan camilan khas dari Bangka Belitung.

BACA SELENGKAPNYA Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat kemplang ikan khas bangka yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar untuk "Kemplang Ikan Khas Bangka"