Widget HTML Atas

Ketela Pohon Miliki Nilai Tinggi di Australia

 

Semua orang sudah tahu bahwa negeri Kanguru, terdiri dari 10 Padang Pasir. Karena itu,bila di negeri kita ada lagu: "Tongkat kayu jadi tanaman, maka disini adalah kebalikannya. Yakni: "Tanaman jadi tongkat kayu".  Kalau serius mau menanam tumbuhan jenis apapun, maka harus dimodali. Bukan untuk membeli bibit tanaman saja,tetapi juga membeli tanah. Karena tanah di sini terdiri dari pasir 

Berapa harga tanah? Kalau hanya mau iseng menanam bunga dalam pot, maka mungkin cukup beli satu kantong tanah, yang berkisar antara 7 dollar hingga 13 dollar, tergantung besar kecil kantongnya. Setelah ditanam, perlu disirami setiap hari, agar tanaman mampu bertahan. Apalagi di musim panas dengan temperatur mencapai 45 derajat. 

Sudah sejak lama kami ingin menanam ketela pohon, karena disamping umbinya dapat dijadikan aneka ragam makanan, daunnya yang muda juga enak untuk dijadikan sayuran Tetapi sudah bertanya sana sini, belum ketemu ada yang menjualnya.  

Satu Pot Anak Ketela Pohon Rp.75.000 

Putra kami mendapatkan alamat penjualnya, yakni sekitar 40 menit berkendaraan. Harganya, 5 pot kecil adalah 37 dollar atau setara dengan sekitar Rp.380.000.-- Maka saya tidak membiarkan kesempatan ini berlalu, langsung ajak isteri dan kami berangkat menuju ketempat penjual tanaman Singkong. 

Sesuai pesan via telpon, saya membeli 5 pot kecil. Kami juga membeli 4 zak tanah, agar dapat langsung menanamnya.  2 kantong tanah saya bawa pulang dan begitu juga 2 pot tanaman Singkong yang masih unyil

Kalau dulu sewaktu masih di Padang, dibelakang rumah orang tua, banyak tumbuh ketela pohon dan bila tetangga ada yang mau menaman ketela  pohon atau singkong, yang di kampung halaman saya disebut: "Ubi Peranci ", tinggal minta saja, tidak usah beli. Tapi di negeri orang, kata "minta  pada tetangga" adalah sesuatu yang aneh dan tabu.  

Orang di sini bertangga akur dan saling menyapa, tapi tidak ada istilah bertandang, apalagi minta sesuatu pada tetangga, adalah suatu hal yang tidak lazim di sini. 

Kembali ke topik 

Untuk menanam 2 batang ketela pohon, modalnya adalah 2 kantong tanah seharga  15 dollar ditambah 2 pot tanaman ketela pohon jua 15 dollar, sehingga total 30 dollar atau senilai 300 ribu rupiah, untuk mendapatkan pohon singkong. Itu pun kalau beruntung,tanamannya mampu bertahan hidup.  

BACA SELENGKAPNYA Jadi ingat lirik lagu:" Walaupun saya pergi jauh, takkan hilang dari kalbu...tanahku yang kucintai ..engkau kuhargai....." Tjiptadinata Effendi



Tidak ada komentar untuk "Ketela Pohon Miliki Nilai Tinggi di Australia"