Widget HTML Atas

Komoh

 


Komoh adalah salah satu bentuk lauk pauk yang berbentuk cairan yang dibuat dari daging ( daging babi, daging ayam, daging itik, daging penyu dan lain – lainnya ), kulit, hati dan bumbu. Komoh ini bisanya dibuat bila ada upacara keagamaan bersama – sama dengan pembuatan jenis lauk pauk lainnya terutama lawar. Komoh digunakan sebagai sajian atau hidangan. Komoh disajikan dalam mangkok kecil dan cara mengkonsumsinya adalah bisa langsung mangkok yang berisi komoh didekatkan ke mulut dengan tangan kemudian komoh tersebut di minum dan bisa juga dengan menggunakan sendok makan.

Resep membuat komoh Bali :

BAHAN :

a. 1 kg Kulit Babi / sapi

b. 1/8 buah nangka muda, rebus lalu rajang kasar. Rendam sambil diremas2, peras air hingga habis


BUMBU (Sambal Embe) :

a. bw merah goreng
b. bw putih goreng
c. cabe rajang goreng
d. 1 limau belah dua

BUMBU (Basa Gede) dirajang halus :

a. Laos

b. Kencur

c. Jahe

d. Kunyit

e. bw putih

f. Kemiri

g. Lada hitam

h. daging kelapa dibakar, ambil kulit yg gosong lalu rajang halus

i. santan kental dari sisa kelapa bakar

Cara: goreng semua bahan yang sudah dirajang kecuali santan, tumis hingga harum lalu tambahkan santan, aduk hingga santan habis, sisihkan.

BUMBU (Basa Penyangluh) :

  1. Laos, rajang halus
  2. kencur, rajang halus
  3.  bw putih, rajang halus
  4. kemiri, sangrai lalu dihaluskan


Cara: goreng semua bahan dengan sedikit minyak kelapa aseli, hingga setengah kering.


CARANYA MEMBUAT LAWAR BABI :

  1. Dalam pembuatan lawar, bahan kulit akan dirajang. Caranya kulit direbus hingga empuk, lalu potong memanjang.
  2. Pisahkan kulit dengan lemak yang menempel dikulit (lelesin)
  3. Tahap berikutnya disebut NGELIBAR dimana kulit di iris tipis, gunakan pisau tipis yang sangat tajam untuk melakukan tahap ini.
  4. Tahap berikutnya adalah NGERAMAS, Irisan tipis kulit tadi dirajang halus, gunakan Blakas(Golok khas Bali).
  5. Buatlah ENTEGAN (Entegan adalah daging yang dipanggang hingga semua sisinya berwarna kecoklatan. panggang daging pada wajan yang anti lengket, bersamaan dengan itu bakar juga bw putih dan lombok besar. Setelah daging panggang matang, lalu rajang bersama bw putih dan lombok besar hingga halus.
  6. Lakukan PENGADONAN LAWAR. Caranya : Siapkan ramasan Kulit tadi, kemudian tambahkan Entegan dan nangka rajang lalu campur rata. Tambahkan 3 sdm Basa Gede pada adonan ramasan, aduk rata. Tambahkan Basa Penyangluh dan tahap ini tambahkan garam dan gula secukupnya. aduk hingga bumbu merata. Terakhir tambahkan bahan sambal Embe dan jeruk limau, aduk lagi hingga merata. Siap disajikan, dengan nasi hangat sambal embe, muluk goreng dan sate babi.


CARANYA MEMBUAT KUAH KOMOH :

  1. Daging Entegan sudah dirajang halus, tambahkan air panas, aduk sebentar kemudian daging disaring, lalu peras air daging hingga habis. Daging yang sudah diperas airnya digunakan sebagai bahan campuran lawar, sedangkan air daging inilah inti dari KUAH KOMOH.
  2. Tambahkan kaldu dengan sejumput sambal embe, 1 sdm basa gede dan 1 sdm basa penyangluh, dan 1/2 perasan jeruk limau, siap disajikan.
BACA SELENGKAPNYA Secara tradisional masih ada juga yang mengkonsumsi komoh ini dengan cara nasi terlebih dahulu dikepal – kepal dengan tangan dengan ukuran tertentu. Selanjutnya kepalan nasi itu dicelupkan kedalam cairan komoh, diangkat terus dimakan. Cara ini biasanya dilakukan saat makan bersama antara 4 – 8 orang yang dikenal dengan nama makan megibung

Tidak ada komentar untuk "Komoh"