Widget HTML Atas

Mengenal Lebih dalam Profesi Foley Artist

Foley Art merupakan sebuah teknik pembuatan suara pada sebuah film, iklan, televisi. Orang yang bekerja dibidang foley art ini biasa disebut dengan foley artist. Istilah Foley ini sendiri diambil dari nama Jack Foley yang merupakan pionir yang mengembangkan teknik Foley art ini pada tahun 1920 - an. Foley effects ini dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan selama produksi sebuah film ataupun sesuatu yang mengandung audiovisual.

Profesi Foley artist ini adalah suatu pekerjaan yang menggunakan berbagai macam alat untuk menciptakan suara yang realitis sesuai dengan adegan pada film, iklan dan lain - lain. Biasa para Foley artist ini sebelum mereka membuat suara, mereka akan menonton film nya terlebih dahulu setelah itu baru mereka mempersiapkan alat - alat yang sekiranya dapat membuat sebuah suara yang diinginkan.

Misalnya jika dalam adegan film tersebut membutuhkan suara langkah kaki yang sedang berjalan diatas dedaunan kering maka, foley artist akan membuat suara tersebut dengan cara meremas - remas dedaunan kering tersebut. Sehingga dapat menghasilkan efek suara yang mirip dengan suara yang diinginkan dalam adegan film tersebut. Atau misalkan dalam suatu adegan film tersebut membutuhkan suara latar ombak air yang ada di pantai maka seorang foley art akan mencari cara bagaimana caranya mereka dapat membuat suara tersebut untuk membuat film menjadi lebih hidup.

Dalam Teknik  foley sendiri terdapat 3 jenis suara yang utama yaitu, langkah kaki, pergerakan, dan properti. Langkah kaki adalah salah satu suara yang paling rumit untuk ditangkap oleh mic. Tanpa adanya  foley artist sebuah film, iklan, acara - acara yang membutuhkan suara audiovisual akan terasa sangat sepi dan kosong.

BACA SELENGKAPNYA Jadi gimana, sekarang kalian sudah jauh lebih mengenal dengan profesi foley artist kan. Profesi ini memang jarang sekali dibicarakan oleh orang – orang oleh karena itu cukup penting bagi kita untuk lebih mengenal lebih dalam tentang profesi ini.


 

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Lebih dalam Profesi Foley Artist"