Widget HTML Atas

Patut Dibanggakan! Rawon Menempati Posisi Pertama Makanan Terenak di Asia Versi TASTEATLAS

 


Rawon, hidangan asli khas dari Indonesia berhasil menempati posisi paling atas sebagai makanan sup terenak di Asia versi TasteAtlas.

TasteAtlas ini merupakan situs Kroasia yang bertujuan untuk mengulas dan menilai berbagai macam makanan dari seluruh penjuru dunia. Situs ini berfokus pada makanan tradisional, makanan lokal, resep dengan bahan autentik, dan berisi penilaian dari para pakar dan ahli.

TasteAtlas ini berisi sekitar 20.000 hidangan, minuman, dan bahan-bahan autentik. Selain itu, terdapat kurang lebih 15.000 restoran yang tercantum dalam situs ini. semuanya dikumpulkan dari seluruh dunia oleh tim yang beranggotakan 30 penggagas dan peneliti.

Rawon berada di posisi paling atas se-Asia sebagai makanan sup terenak berdasarkan penialian dari kritikus restoran yang professional dan 63.402 panelis yang melakukan voting di situs TasteAtlas.

      Tentunya, torehan ini merupakan prestasi yang patut dibanggakan, terlebih dalam dunia kuliner nusantara di Indonesia. Pasalnya, rawon sebagai posisi teratas berhasil mengalahkan makanan sup Beef Shank, Soup (Bulalo) dari negara Gajah Putih, Filipina dan Penang Laksa, Noodle Soup dari negara Jiran, Malaysia.

            Tidak hanya itu, hidangan asli dari Indonesia selain Rawon juga berhasil ada di posisi 12 besar dari 12 makanan se-Asia, yaitu Gulai Cincang sebagai posisi ke-3 dan Sayur Asem sebagai posisi ke-12.

            Sungguh pencapaian yang sangat membanggakan, bukan?  Selain itu, setelah beberapa waktu lalu, tepatnya tahun 2019, Rendang sebagai makanan khas Indonesia juga mendapat posisi pertama sebagai kuliner terbaik versi CNN yang berdasarkan voting dari 35.000 orang di dunia yang mengikuti voting melalui akun Facebook CNN.

Tentunya hal ini sangat berpengaruh pada eksistensi makanan khas Indonesia dihadapan para pemuja kuliner di seluruh penjuru dunia.

Rawon, gulai cincang, dan sayur asem yang berada di posisi makanan sup terenak se-Asia versi tasteatlas ini tentunya memiliki keunikan pada bahan-bahan dan pembuatannya. Jadi, simak yuk penjelasan ketiga makanan ini berdasarkan yang tercatat dalam situs TasteAtlas hingga menjadi makanan sup terenak.

Rawon

Rawon adalah hidangan indoensia yang unik dan berasal dari jawa timur. Sup beraroma ini biasanya terbuat dari rebusan daging sapid an bahan-bahan tradisional lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai. Namun, bahan pentingnya adalah buah kluwek, yang merupakan bahan rempah Indonesia.

 Bahan rempah Indonesia ini sangat beracun ketika masih mentah, dan selalu perlu difermentasi sebelum dikonsumsi. Itu digiling dengan bahan dan rempah-rempah lain, memberikan hidangan rasa asam dan sederhana serta warna hitam gelap yang unik. Asal muasal hidangan tersebut diyakini dari kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur.

             BACA SELNGKAPNYA  Semula, hidangan ini dijadikan sebagai hidangan warga pedesaan. Namun, lambat laun karena kelezatannya, makanan ini menjadi favorit di kalangan bangsawan dan dengan cepat tumbuh dalam popularitas dunia perkulineran. Kini, makanan ini dapat dengan mudah ditemukan dalam menu-menu yang terdaftar pada restoran tradisional Indonesia. Biasanya, sup ini disajikan bersama nasi putih, telur asin, tauge, dan sambal untuk menciptakan rasa pedas yang khas.


Tidak ada komentar untuk "Patut Dibanggakan! Rawon Menempati Posisi Pertama Makanan Terenak di Asia Versi TASTEATLAS"