Widget HTML Atas

Peran Anak Muda Mengembangkan Ekonomi Kreatif melalui Digitalisasi


Saat ini banyak sekali dari kita yang sudah merubah gaya hidup akibat dari pandemi, salah satunya ialah cara kita berkomunikasi. Sekarang banyak dari kita yang bergantung terhadap media komunikasi digital, tidak hanya komunikasi perorangan saja yang komunikasi secara digital juga berdampak juga terhadap usaha kecil maupun usaha besar. Untuk memasarkan produknya para pelaku usaha ataupun pelaku ekonomi harus dapat beradaptasi dengan apa yang terjadi saat ini. Membawa promosi produk maupun jasa ke komunikasi digital adalah hal yang wajib dilakukan para pelaku usaha. Penggunaan media digital yang terus meningkat selama pandemi berlangsung adalah peluang bagi pelaku ekonomi kreatif di Indonesia.

Terlebih saat pandemi COVID memberikan dampak yang cukup besar bagi para pelaku usaha sektor ekonomi kreatif. Dikutip dari Outlook Pariwisata & Ekonomi Kreatif Indonesia 2020/2021, data menunjukkan bahwa estimasi pertumbuhan pekerja sektor ekraf di Indonesia -2,49%. Sementara dari data yang sama, dibandingkan tahun sebelum pandemi, pertumbuhan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dari sektor ekonomi kreatif menjadi -2,39%. Adanya penurunan angka ini tentu memberikan dampak besar bagi perekonomian nasional.

BACA SELENGKAPNYA Maka dari itu peranan dari mahasiswa maupun mahasiswi sangat penting dalam membantu mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia khususnya yang masuk di jurusan Bisnis Digital. Dalam jurusan bisnis digital mahasiwa dan mahasiswi mempelajari banyak mata kuliah seperti ekonomi digital, statistika, komputer multimedia, komunikasi bisnis, sistem informasi, pengantar technopreneur, matematika bisnis, artificial intelligence dan juga ekonomi mikro. Para mahasiswa yang dapat berpikir kritis, mempunyai kreatifitas, dan inovatif mereka dapat menarik perhatian para konsumen maupun pelaku ekonomi (audiens). Dengan kemampuan para mahasiswa menggunakan dan mengembangkan suatu teknologi dan menggabungkannya dengan kegiatan ekonomi disekitar maupun memperbarui model bisnis maka perekonomian di Indonesia kedepannya akan semakin membaik.


 

Tidak ada komentar untuk "Peran Anak Muda Mengembangkan Ekonomi Kreatif melalui Digitalisasi"