Widget HTML Atas

Sie Reuboh


Pasalnya, kuliner khas Aceh ini bisa bertahan hingga satu bulan. Menurut Ketua Tim Penggerak PKK Kota. Resep Masakan Sie Reuboh yang Lezat Khas Aceh. Anda dapat mengolah Sie Reuboh (daging rebus / daging cuka) khas Aceh dengan 15 bahan and 6 langkah. Berikut ini adalah cara untuk mengolah itu.

Bahan-bahan dari Sie Reuboh (daging rebus / daging cuka) khas Aceh :

Sediakan 1 Kg daging sapi.
Sediakan 1/4 kg lemak daging.
Sediakan 30 ml Cuka aceh (sesuai selera).
Siapkan Bumbu Halus :.
Sediakan 5-10 buah cabe merah.
Sediakan 1/2 ons cabe rawit (sesuai selera).
Siapkan 5-10 buah cabe merah kering.
Siapkan 10 buah bawang merah.
Sediakan 3-5 batang Kunyit segar.

Bahan Lainnya :

Sediakan 2 cm Lengkuas, potong tipis.
Siapkan 1 sdt munjung kunyit bubuk.
Sediakan 1 sdt munjung cabe bubuk.
Sediakan 5 buah cabe merah, saat akan matang masukkan ke dlm daging.
Siapkan Secukupnya garam.


Sie Reuboh (daging rebus) bukan sekedar daging rebus biasa. Masakan khas Aceh Besar ini bisa bertahan sebulan lebih, dan tidak akan basi. Masakan berbahan daging sapi, kambing atau kerbau ini telah di wariskan turun-temurun dan wajib ada di meja makan di hari Meugang. Sie Reuboh (daging rebus -Indo) salah satu kuliner khas dan special dari daerah Aceh Aceh Besar, bagi masyarakat lokal sendiri sie reboh sudah menjadi masakan wajib di saat memiliki banyak persedian danging seperti pada Meugang dan qurban, sie reboh diracik dengan aneka rempah-rempah dan pastinya resep asli Aceh, selain itu cirri khas kuliner yang.

Langkah-langkah memasak Sie Reuboh (daging rebus / daging cuka) khas Aceh :
  1. Bersihkan daging lalu potong dadu agak besar, cuci dan tiriskan airnya. Lalu masukkan ke dalam belanga tanah liat, beri garam dan aduk rata..
  2. Haluskan agak kasar cabe merah + cabe rawit + cabe kering + kunyit + jahe. Lalu tuang kedalam daging, aduk rata..
  3. Masukkan lengkuas lalu masak daging dengan api sedang hingga air menyusut dan agak kering lalu tambahkan cuka..
  4. Tambahkan air matang hingga menutupi permukaan daging. Masak lagi dengan api kecil hingga air menjadi kering..
  5. Setelah air kering, masukkan cabe merah utuh kedalamnya, aduk2 lalu matikan api..
  6. Tujuan penambahan cabe merah utuh disini krn setiap x akan di makan, maka sie reuboh ini hrus di panaskan terlebih dulu agar lemak dagingnya mencair, setiap x dipanaskan cabe akan hancur pelan2 dan citarasa pedas tetap terasa..

BACA SELENGKAPNYA Nah, Sie Reuboh Aceh sudah siap untuk di santap dengan nasi putih hangat; Itulah resep Sie Reuboh Khas Aceh Besar, ternyata sangat mudah membuat Sie Reuboh ini. Nah, supaya rasanya lebih lezat lagi, gunakan kuali yang terbuat dari tanah. Jangan lupa juga memilih daging sapi has dalam atau has luar, karena lebih empuk. Sie Reuboh (daging rebus -Indo) salah satu kuliner khas dan special dari daerah Aceh Aceh Besar, bagi masyarakat lokal sendiri sie reboh sudah menjadi masakan wajib di saat memiliki banyak persedian danging seperti pada Meugang dan qurban, sie reboh diracik dengan aneka rempah-rempah dan pastinya resep asli Aceh, selain itu cirri khas kuliner yang satu ini adalah banyaknya menggunakan gapah. Cek rasa,sesuaikan rasa asin,pedas,dan asamnya,jika dirasa ada yg kurang bisa ditambahkan kembali, masak sie reuboh hingga empuk dan kuahnya tidak terlalu banyak dan tidak juga terlalu kering,matikan api,siap disajikan,sie reuboh enak dimakan selagi panas.


 

Tidak ada komentar untuk "Sie Reuboh"