Widget HTML Atas

Bubur sekoi Khas Bengkulu


Resep Bubur Sekoi Manis Khas Bengkulu Sederhana Spesial Asli Enak. Bubur sekoi atau bubur jawawut ini ada 2 versi rasa ada yang manis dan ada bubur sekoi asin atau gurih. Nah, khusus di Bengkulu yang banyak dijual adalah bubur sekoi manis. Dulu untuk menikmati semangkuk bubur sekoi gula merah ini harus membuatnya sendiri di rumah atau beli pada saat bulan Ramadhan karena banyak yang menjual bubur sekoi ini pada bulan puasa. Namun pada saat ini sudah gampang menemukan bubur ini di tukang bubur atau di toko bubur khusus pakai magicom. Anda bisa menemukannya di kios bubur di Jl. Kalimantan Raya, Rawa Makmur permai, Kampung Bali dekat Universitas Muhammadya Bengkulu (UMB) samping toko Itamart persis depan Komplek Bank Indonesia (BI) dan mungkin masih banyak di tempat-tempat lain sekitaran Kota Bengkulu.

BAHAN :
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 gelas biji sekoi/jewawut
  • 1 gelas gula merah diiris halus, atau sesuai selera
  • 1 gelas santan cair
  • 1 gelas santan kental
  • 1 potong jahe yang dimemarkan.
  • 1/2 kg ubi jalar, potong kecil-kecil
  • 1/2 sdt garam
CARA MEMBUAT BUBUR SEKOI MANIS GURIH :
  1. Setelah sekoi dibersihkan dan ubi direbus dengan air secukupnya sampai empuk, tambahkan gula merah dan santan cair. Aduk-aduk terus hingga menjadi bubur dan mengental.
  2. Santan kental direbus tersendiri, tambahkan sedikit garam hingga mendidih.
  3. Hidangkan bubur sekoi dengan menuangkan santan kental di atasnya.
  4. Sajikan bubur sekoi ini selagi masih hangat.

BACA SELENGKAPNYA Bubur Sekoi atau disebut juga Bubur Jawo/Jawawut/Juwawut adalah makanan tradisional Bengkulu dan beberapa daerah di Pulau Jawa. Makanan ini berupa bubur manis (bisa juga asin) yang bahan utamanya adalah biji Sekoi atau biji "Pearl Millet" (Pennicetum glaucum). Biji/bubur Sekoi/Milet mengandung kadar karbohidrat dan serat yang tinggi namun rendah lemak seperti halnya biji Oat, sehingga sangat baik untuk program diet.


 

Tidak ada komentar untuk "Bubur sekoi Khas Bengkulu"