Widget HTML Atas

Durian Getar Bumi


Anda penggemar buah durian? Tentu akan senang sekali jika bisa mencicipi buah durian yang rasanya manis dan legit tersebut. Apalagi kalau bisa mencicipi buah durian yang termasuk dalam kategori langka dari Pulau Bangka.

Nah di Bangka sendiri ada buah durian yang termasuk langka. Buah durian itu bernama durian Getar Bumi. Soal rasa buah durian Bangka jauh lebih manis dan legit serta kemikmatan daging duriannya membuat para kuliner Bangka tak mau jauh dari para pedagang durian.

Kalau soal rasanya dengan rasa yang khas manis legit serta daging buahnya yang tebal serta bijinya kecil membuat Anda tidak akan beranjak. Biasanya harga di pasaran buah durian Bangka jenis Getar Bumi bisa mencapai Rp 100 ribu – Rp 250 ribu per buahnya.

Mulyadi, penjual buah durian Getar Bumi mengatakan, durian Getar Bumi besarnya 4 kali lipat dari durian biasa lainnya. Selain itu juga, saat lepas dari tangkai dan jatuk ke permukaan tanah akan menimbulkan suara yang lebih keras bila dibandingkan dengan durian lainnya.  "Makanya disebut durian Getar Bumi ini, karena pas dia jatuh. Suaranya lebih besar dari durian biasa. Untuk itu, orang tua dulu menamakannya dengan sebutan getar bumi," jelasnya.
   
BACA SELENGKAPNYA Pria itu juga mengatakan jumlah buah dalam per batangnya juga tidak sama dengan lainnya. Per batang menurutnya hanya mencapai belasan buah saja. Ini jelas sangat berbeda dengan durian lainnya yang bisa berbuah mencapai puluhan hingga ratusan buah per batangnya. Karena durian ini tergolong langka, wajar ketika untuk harga jauh lebih tinggi dari biasanya. "Kalau asal dari Penagan, Bangka. Tapi kini duren itu dapat ditemui di Desa Jurung dan Permis. Orang zaman dulu bilang "Akek Ter" istilah kata zaman dahulu dari kerajaan Majapahit,” bebernya.


 

Tidak ada komentar untuk "Durian Getar Bumi"