Widget HTML Atas

Gipang Pelangi Khas Serang Banten


Lagi mencari ide resep gipang pelangi khas serang banten yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal gipang pelangi khas serang banten yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari gipang pelangi khas serang banten, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan gipang pelangi khas serang banten yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat gipang pelangi khas serang banten yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Gipang Pelangi Khas Serang Banten memakai 7 bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Gipang Pelangi Khas Serang Banten:

Siapkan 1 kg Beras Ketan
Sediakan 1/2 kg Gula Pasir
Gunakan 1 gelas air asam jawa
Gunakan secukupnya Minyak goreng
Gunakan Perasa makanan Melon, Strawberry, Mangga
Sediakan Gilingan untuk meratakan gipang
Sediakan Loyang atau Cetakan gipang

Langkah-langkah membuat Gipang Pelangi Khas Serang Banten:
  1. Rendam beras ketan putih selama semalaman lalu cuci bersih pada keesokan harinya
  2. Kukus beras ketan hingga matang. Kemudian angkat dan dinginkan.
  3. Setelah matang, silahkan angkat beras ketan tadi kemudian bagi menjadi 3 bagian. Tambahkan perasa strawberry, melon, mangga pada beras ketan tsb. Lalu angin-anginkan supaya menjadi dingin.
  4. Hamparkan ketan di atas wadah lebar yang bersih. Pastikan tidak ada ketan yang menggumpal. Lalu jemur di bawah sinar matahari terik selama 2-3 hari.
  5. Jika ketan sudah benar-benar kering, angkat lalu mulai panaskan minyak di dalam wajan atau penggorengan. Pastikan minyak ini benar-benar panas supaya ketan bisa mengembang.
  6. Setelah ketan mengembang dengan sempurna, angkat lalu tempatkan pada wadah yang bersih dengan tisu di atasnya supaya minyaknya bisa terserap
  7. Membuat karamel: - *Masukkan gula pasir yang telah disediakan ke dalam wajan, ratakan dan terus upayakan supaya gula tidak menggumpal, gunakan api kecil - *Masukkan air asam secara perlahan, biarkan sampai mengental dan pastikan semua gula tadi terlarut - *Jika sudah rata, matikan api
  8. Jika karamel sudah siap, masukkan ketan tadi ke dalam wajan yang berisi karamel, aduk-aduk supaya tercampur merata
  9. Masukkan ketan tadi ke dalam cetakan yang sudah disiapkan lalu ratakan dan padatkan
  10. Potong Gipang
  11. Tambahkan toping coklat pada bagian ujung gipang kemudian lumuri dengan sprinkle
  12. Kemas gipang agar tetap renyah

BACA SELENGKAPNYA Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat gipang pelangi khas serang banten yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!


 

Tidak ada komentar untuk "Gipang Pelangi Khas Serang Banten"