Widget HTML Atas

Kembang goyang Khas Bengkulu

 


Kembang goyang merupakan salah satu nama cemilan berbahan dasar tepung beras dan santan kelapa. Cemilan ini menjadi primadona saat upacara pernikahan adat berlangsung. Bentuknya mirip dengan bunga dan cara membuatnya dengan cara digoreng. nah, saat menggoreng cemilan ini, adonan kue harus di goyang, sehingga dimakan kembang goyang. Rasa sajian kuliner kembang goyang ini beragam ada yang tawar dan ada juga yang manis, namun ada juga yang mempunyai rasa gurih saat dicoba. Meskipun kembang goyang ini mirip dengan kue kembang goyang yang ada di Jawa Timur, namun bisa jadi sejarah dari kedua jenis kue ini berbeda. Meskipun begitu, kita harus tetap menghargainya dan menyerap informasi tersebut agar wawasan tentang budaya nusantara kita menjadi lebih lengkap lagi dan tentunya menambah rasa cinta kita terhadap tanah air sendiri.

Bahan bahan kue kembang goyang:
  • 200 gr tepung beras
  • 65 gr gula pasir halus
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt garam
  • 250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 2 sdm wijen
  • Minyak untuk menggoreng

CARA MEMBUAT :
  1. Campur tepung beras, gula pasir, garam dan wijen, aduk sampai merata.
  2. Tuangkan telur dan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk hingga tercampur rata.
  3. Panaskan cetakan kembang goyang dalam minyak yang sudah dipanaskan.
  4. Celupkan cetakan ke dalam adonan, kemudian masukkan ke dalam minyak sambil digoyang–goyang sampai kue terlepas dari cetakan.
  5. Goreng kue sampai matang, kering dan berwarna kuning kecoklatan.
  6. Angkat, tiriskan. Kue kembang goyang siap disajikan atau bisa disimpan dalam stoples kedap udara untuk menjaga kerenyahannya dan lebih tahan lama.

BACA SELENGKAPNYA Kue kembang goyang merupakan salah satu jenis kue tradisional khas dari Indonesia, Kue ini biasanya banyak tersedia dipasaran dan banyak diminati juga oleh semua orang. Kue ini sangat cocok disajikan ketika kita kedatangan tamu. Dari mulai anak-anak sampai pada orang yang paling tua, kue ini salah satu kue yang dijadikan sebagai mekanan favoritnya. Selain memiliki citarasa yang manais kue ini juga memiliki tekstur yang sangat renyah


Tidak ada komentar untuk "Kembang goyang Khas Bengkulu"