Widget HTML Atas

Kerupuk Rambak


Selain kerupuk uyel atau yang sering disebut kerupuk putih, ada jenis kerupuk lainnya yang bisa dibilang sangat populer ditengah masyarakat karena rasanya yang sangat gurih. Kerupuk seperti ini adalah kerupuk rambak tapioka yang juga sering bisa kita temukan diwarung-warung dimana saja. Sesuai dengan namanya tentu saja kerupuk rambak ini terbuat dari adonan tepung tapioka, karena seperti kita tahu jika kerupuk rambak sendiri cukup beragam jenisnya.

Kerupuk rambak tapioka sangat cocok untuk camilan, namun selain dari pada itu juga cocok untuk teman makan ketika kita makan nasi dengan aneka macam masakan, sehingga akan membuat makan anda terasa lebih nikmat. Jika dilihat dari bentuknya pada umumnya kerupuk rambak tapioka berbentuk stik agak persegi dan memanjang, namun selain itu ada juga yang berbentuk seperti lembaran yang lebih lebar, dan ketika digigit akan terasa sangat renyah dan gurih.

Kerupuk rambak seperti ini bisa dibilang yang paling murah jika dibandingkan dengan kerupuk rambak lainnya yang terbuat dari kulit. Hal ini mungkin bahan baku untuk membuatnya lebih murah jika dibandingkan dengan bahan baku dalam membuat kerupuk rambak kulit, namun jangan salah karena walaupun harganya terbilang murah, rasanya tetap sangat nikmat yang tidak kalah dengan kerupuk rambak jenis lainnya.

Karena beberapa hal tersebut tidak heran memang jika kalangan masyarakat dari segala lapisan pasti akan suka dengan kerupuk ini. Sehingga produksi kerupuk rambak juga bisa dibilang sudah banyak tersebar diberbagai daerah, karena banyaknya permintaan pasar akan kerupuk rambak tapioka.

Oleh karena itu dikesempatan kali ini kami akan sedikit berbagi tentang cara membuat kerupuk rambak tapioka, bagi anda yang ingin mencoba membuatnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
  • 1Kg tepung tapioka
  • 250 gram tepung terigu
  • 25 gram bawang putih
  • 25 gram gula pasir
  • 1 ons udang
  • Garam dan ketumbar secukupnya
  • penyedap rasa (Optional bila suka)

Cara membuat
  1. Haluskan semua bahan bumbunya
  2.  Campurkan tepung tapioka dan tepung terigu, kemudian tuangkan air sedikit demi sedikit secukupnya sambil diaduk(kira-kira 1/2 liter atau lebih) beserta bumbu halus dan aduk hingga merata.
  3. Jika sudah tuangkan kedalam cetakan baki plastik atau juga bisa loyang, ratakan dengan ketebalan kira-kira 1cm saja
  4. Kukuslah hingga matang kira-kira setengah jam
  5. Jemurlah dibawah sinar matahari kira-kira setengah hingga satu hari agar adonan tidak lembek Potong-potonglah adonan kecil-kecil sesuai selera
  6. Jika sudah Potongan adonan jemur kembali hingga benar-benar kering
  7. Jika sudah kering gorenglah hingga matang dan mengembang.

BACA SELENGKAPNYA Namun walaupun kerupuk rambak jenis ini bisa dengan mudah kita dapatkan diwarung-warung, mungkin ada diantara anda yang penasaran ingin membuat kerupuk rambak tapioka sendiri.


 

Tidak ada komentar untuk "Kerupuk Rambak"