Widget HTML Atas

Kopi bengkulu


Kopi Bengkulu ialah salah satu kopi andalan di Indonesia. Kopi dari salah satu daerah penghasil kopi di Sumatra ini dikenal dengan citarasa yang berbeda di tiap tegukan. Tak ada salahnya mengenal dan mencicipi keunikan Kopi Bengkulu. Begitu membaca ulasan kami, Anda dijamin akan penasaran.

Tentu Anda akan mengerutkan kening jika mendengar nama Andrian Van Ommen. Apalagi saat ini kita sedang membicarakan kopi. Nah, tanpa jasanya, mungkin Indonesia tidak akan menjadi salah penghasil kopi terbesar di dunia.

Andrian Van Omen adalah orang pertama yang diutus walikota Amsterdam, Nicholas Witsen, untuk membawa benih biji kopi ke Indonesia. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1696, di mana benih-benih kopi tersebut di tanam di daerah Kebon Kopi, Jakarta.

Semenjak itu tanaman kopi menyebar ke seluruh penjuru Indonesia. Mula-mula ke daerah Jawa Barat, lalu ke wilayah yang sekarang kita kenal sebagai Bengkulu. Memang sejak jaman dahulu, Bengkulu menjadi wilayah penghasil salah satu kopi terbaik di Indonesia. Daerah yang ada di Bengkulu yang menjadi penghasil kopi hingga saat ini setidaknya ada tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Rejang Lebong, Seluma, Daerah Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan, dan Bengkulu Utara.

Sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di Sumatera (setelah Lampung dan Sumatra Selatan), Bengkulu ikut berperan menyumbang sekitar 70% ekspor kopi Robusta di Indonesia. Sebagai penghasil kopi kualitas ekspor, tentu saja kualitas kopi Bengkulu telah teruji.

Bahkan pada ajang AEKI AICE Coffee Contest 2016, kopi Bengkulu masuk ke dalam daftar penghasil kopi terbaik di Indonesia. AEKI adalah singkatan dari Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia. Dalam kontes yang diselenggarakan dengan AEKI dan PPKKI (Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia) ini kopi Robusta dari Kabupaten Kepahiang dinobatkan sebagai satu dari 15 kopi terbaik di Indonesia.

BACA SELENGKAPNYA Kopi dari daerah Bengkulu sebagian besar berjenis Robusta (95%). Sisanya adalah jenis Arabika yang terpusat di wilayah Bukit Kaba, yaitu di daerah Kabupaten Rejang Lebong dan Kepahiang. Selain itu ada varietas kopi Liberica yang sekarang masuk dalam kategori kopi Bengkulu yang berasa khas.


 

Tidak ada komentar untuk "Kopi bengkulu"