Widget HTML Atas

Kue Cucur Bandan Khas Bengkulu


Resep Kue Cucur Bandan Khas Bengkulu Sederhana Spesial Asli Enak. Cucur bandan itu kue cucurnya orang Bengkulu teksurnya dan bentuk berbeda sekali dengan kue cucur dari daerah lain di Indonesia. Bentuknya unik dan menarik sedangkan teksturnya super lembut dan empuk banget. Mantap banget rasanya manis gurih dan lezat cuyy. Mirip dengan kue cucur khas Lampung Barat.

Kue cucur dhaki atau cucur bandan adalah kue tradisional berbahan dasar tepung beras dan gula merah. Kekhasan cucur Bengkulu terletak pada bentuknya yang menyerupai roda dengan lubang di tengahnya. Kue ini terasa amat manis dan empuk. Dahulu kue ini sering ditemukan pada upacara adat pernikahan. Kue cucur adalah pendamping ketika prosesi adat lamaran bersama 7 jenis kue yang lainnya. Saat ini kue cucur banyak ditemui di toko toko penjual oleh oleh atau di warung-warung kecil.

RESEP KUE CUCUR BANDAN

BAHAN :
  • 300 gram tepung beras
  • 50 gram tepung terigu
  • 250 gram gula merah, sisir halus
  • 1 sdt kayu manis bubuk (cinnamon)
  • 550 ml air (boleh pakai santan agar rasa lebih gurih tapi opsional)
  • 3 lembar daun pandan, suwir-suwir, ikat simpul
  • 1/2 sdt garam
  • Minyak goreng

CARA MEMBUAT KUE CUCUR BANDAN :
  1. Semua bahan di campur di dalam wadah adonan, aduk-aduk, kemudian didiamkan selama 2 jam.
  2. Setelah itu bentuk seperti roda dan goreng di minyak panas.
  3. Sajikan.

BACA SELENGKAPNYA Kue khas Bengkulu bernama kue cucur yang terbuat dari tepung terigu dan campuran gula merah. Kue cucur berasal dari Bengkulu ini dijual cukup murah karena bahan-bahannya ekonomis, satu biji hanya seribu rupiah saja. Di Bengkulu, kue cucur ini merupakan satu dari tujuh jenis kue yang harus disajikan dalam prosesi lamaran seorang calon pengantin. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih cucur bandan khas Bengkulu sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis cemilan dan jajanan oleh-oleh khas Bengkulu.


 

Tidak ada komentar untuk "Kue Cucur Bandan Khas Bengkulu"