Widget HTML Atas

Kue Cucur Marble

 Ada banyak kue tradisional yang legendaris hingga kini, tak terkecuali kue cucur. Kue cucur biasa dijual di pasar dan kerap dititipkan di toko jajanan. Kue cucur memiliki tekstur padat berisi, empuk, dan di bagian pinggirnya sedikit renyah. Rasa kue cucur perpaduan gurih dan manis.


Bahan utama kue cucur adalah tepung terigu, tepung beras, dan gula merah. Hasil jadinya nanti, kue cucur akan berwarna cokelat muda karena gula merah. Kue cucur gula merah bisa dibilang populer dan lezat. Kendati begitu, saat ini kue cucur muncul dengan beragam varian rasa dan warna, lho.


Bahan:

- 135 gram tepung beras
- 115 gram tepung terigu
- 1/4 sdt garam
- 150 gram gula pasir
- 300 ml air
- 1 lembar daun pandan
- 3 tetes pewarna pink rose, biru, dan kuning muda
- 200 ml minyak goreng


Cara membuat:

  1. Didihkan air, gula, dan daun pandan sampai gula larut. Angkat dan hangatkan suhu ruang.
  2. Campur tepung beras, tepung terigu, dan garam. Tuang air gula sedikit demi sedikit sambil disaring, aduk dengan whisk sampai tidak bergerindil dan halus.
  3. Mixer adonan selama 5 menit dengan speed dari rendah ke paling tinggi.
  4. Diamkan adonan selama 2 jam. Tutup wadah dengan plastik wrap.
  5. Aduk perlahan adonan, bagi jadi 3 sesuai warna. Masing-masing beri 3 tetes pewarna biru, pink rose, dan kuning muda. Aduk rata.
  6. Panaskan 200 ml minyak goreng. Tuang adonan. Ambil @1 sdm adonan. Tunggu muncul serat.


BACA SELENGKAPNYA Tidak susah membuat kue cucur sendiri di rumah. Ada banyak resep pilihan kue cucur anti gagal yang bisa kamu tiru. Terpenting, kamu perlu menyiapkan wajan khusus untuk memanggang adonannya nanti. Bukan dengan wajan besar atau teflon, kue cucur dimasak dengan wajan cekung yang berbentuk bulat-bulat.

Tidak ada komentar untuk "Kue Cucur Marble"