Widget HTML Atas

Kue Jojorong khas Banten


Lagi mencari ide resep kue jojorong khas banten yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kue jojorong khas banten yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Kue jojorong mempunyai bentuk yang mungil dengan sensasi rasa kue yang lembut berpadu gurih. Di daerah Banten, kue jojorong paling mudah ditemukan di Rangkasbitung. Cukup banyak penjual yang menjajakan kue jojorong di pasar tradisional.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue jojorong khas banten, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan kue jojorong khas banten yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah kue jojorong khas banten yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Kue Jojorong khas Banten memakai 12 bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Kue Jojorong khas Banten:
  • Gunakan mangkok Daun pisang untuk
  • Siapkan 300 gram gula merah
  • Gunakan Bahan A
  • Siapkan 100 gram tepung beras
  • Siapkan 1 sdm tepung tapioka
  • Sediakan 450 ml santan cair
  • Ambil 1/2 sdt garam
  • Ambil 2 tetes pasta pandan
  • Siapkan Bahan B
  • Gunakan 3 sdm tepung tapioka
  • Gunakan 1/2 sdt garam
  • Ambil 150 ml santan kental

Kue jojorong atau Jojorong adalah makanan khas suku Banten dari Kabupaten Pandeglang. Makanan ini berbahan dasar tepung beras dan santan kelapa yang bagian dalamnya diberi gula aren. Tempat atau mangkuk kuenya berbentuk persegi dan terbuat dari daun pisang yang setiap ujungnya diikat menggunakan tusuk gigi. Oleh sebab jojorong berbahan dasar santan, kue ini harus langsung disantap ketika.

Langkah-langkah menyiapkan Kue Jojorong khas Banten:
  1. Buat takir dari daun pisang sebagai wadah untuk kue nya
  2. Iris gula merah
  3. Siapkan semua bahan
  4. Campurkan bahan a pertama campur tepung beras, tepung tapioka, pasta pandan dan garam lalu masukkan santan cair sedikit demi sedikit aduk supaya tidak bergerindil kemudian saring
  5. Begitu pula adonan B campur semua aduk rata sisihkan
  6. Tata takir di kukusan lalu masukkan gula merah
  7. Masukkan adonan A kemudian kukus ± 20 menit
  8. Setelah hampir matang buka tutup kukusan lalu kemudian tuang adonan B lalu kukus lagi ±15 menit
  9. Ini penampakan kalo sudah matang nya
  10. Rasanya gurih manis lembut
Kue jojorong atau Jojorong adalah makanan khas suku Banten dari Kabupaten pandeglang. Makanan ini berbahan dasar tepung beras dan santan kelapa yang bagian dalamnya diberi gula aren. Tempat atau mangkuk kuenya berbentuk persegi dan terbuat dari daun pisang yang setiap ujungnya diikat menggunakan tusuk gigi. Rasanya Unik dan Khas Beda Dari Kue Pada Umumnya. Seperti kebanyakan daerah di Indonesia, Banten memiliki beragam makanan khas.

BACA SELENGKAPNYA Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan kue jojorong khas banten yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!


 

Tidak ada komentar untuk "Kue Jojorong khas Banten"