Widget HTML Atas

Kue lepek biniti


Lepek binti merupakan salah satu resep kue daerah khas Bengkulu yang akan kita bahas cara membuat dan menyajikannya. Kue lepek binti merupakan penganan yang terbuat dari bahan dasar ketan dengan isian gilingan daging sapi.

Wow... mendengar isiannya saja sudah tergugah deh. Memang, unik dan membuat penasaran juga mengingat ada kombinasi daging dalam kue tradisional tersebut. Mungkin bisa dijadikan referensi tambahan untuk momen spesial. Benar tidak?

Kalau hari-hari biasa, kue-kue tradisional mungkin sangat jarang disajikan tapi di hari Lebaran atau Idul Fitri, banyak kue yang dihidangkan. Mungkin saja, kue tradisional berikut ini bisa menjadi salah satu alternatif dan pilihan untuk keluarga besar di rumah.

Semakin banyak variasi, menu kue kejutan, tentu akan semakin menambah semarak suasana. Ingin tahu seperti apa kue yang satu ini? Untuk membuat resep khas Bengkulu ini silahkan ikuti cara memasaknya berikut.

A. Bahan Membuat Lepek Binti
Bahan yang digunakan untuk membuat lepek binti ini yaitu ketan dan juga daging sapi giling. Bahan-bahan selengkapnya yaitu:
  • 200 gram tepung ketan yang baru
  • 75 ml santan kental
  • 150 gram daging giling sapi
  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 100 ml santan kental
  • 2 sdt ketumbar bubuk
  • ½ sdt garam atau secukupnya
  • lengkuas, memarkan
  • daun salam
  • daun pisang secukupnya untuk membungkus

Beda-beda tipis ya dengan kue lepet yang lain? Ya, sekarang kita sudah tahu bahan-bahan yang digunakan. Waktunya untuk menyiapkan semua bahan tersebut. Tidak ada yang sulit bukan untuk disiapkan? Mungkin daging sapi ya yang agak mahal, tapi tidak apa-apa, kan nanti sesuai dengan hasilnya.

B. Cara Membuat Lepek Binti Bengkulu
Tidak berbeda jauh dengan saat kita membuat menu pancah daging, resep lepek binti ini juga tidak sulit untuk dibuat. Untuk yang berminat mencoba masakan kue ini mari ikuti langkah cara membuatnya di bawah ini:
  1. Haluskan bawang merah dan bawang putih.
  2. Campurkan bersama daging giling, santan, lengkuas, daun salam, ketumbar dan garam.
  3. Didihkan dan masak hingga santan mengering.
  4. Campurkan tepung ketan bersama santan dan garam sambil uleni hingga lepas dari wadah & terasa licin di tangan.
  5. Ambil setiap 1 sdm campuran tepung, pipihkan & isi dengan ½ sdt campuran bahan-bahan halus, bentuk bulat dan bungkus dengan daun pisang, demikian seterusnya.
  6. Lalu kukus hingga matang kira-kira 25 menit

Kalau sudah siap, sajian sedap ini dapat kita nikmati dengan pendamping kopi atau teh di pagi atau sore hari. Semoga pembahasan "Kue Lepek Binti" ini menambah inspirasi memasak kita semua, selamat mencoba.

BACA SELENGKAPNYA Jangan lupa untuk mencoba juga beberapa resep kua tradisional lainnya. Banyak kok, anda bisa mencari resep-resep dari daerah lain. Kan bisa dibuat kreasi untuk dihidangkan di waktu-waktu tertentu. 


 

Tidak ada komentar untuk "Kue lepek biniti"