Widget HTML Atas

Kue siput bengkulu

Bahan-bahan :
  • 1 kg tepung terigu
  • 1 scahet mentega/margarin 200 gr
  • 2 gelas air
  • Kacang tanah untuk isi

Cara membuat :
  1. Campurkan terigu dan mentega. Uleni kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sehingga adonan kalis. Giling tipis adonan, lalu potong-potong ukuran sekitar 1,5 cm x 2 cm. Jangan lupa taburkan tepung di bawah adonan agar tidak lengket satu sama lain ketika digulung.
  2. Gulung kacang agar terselimuti adonan. Kacang tanahnya agak ditekan sedikit agar tidak mudah lepas saat digoreng.
  3. Jika sudah semuanya, baru kita siap menggoreng. Atau lebih baik jika dikerjakan oleh dua orang. Yang satu menggulung dan yang satu lagi menggoreng. Panaskan minyak, kemudian masukkan sekitar 3-4 sdm gula pasir ke dalam minyak.
  4. Aduk-aduk lalu masukkanlah adonan kue yang sudah digulung dengan kacang. Aduk aduk terus agar gula menempel rata pada kue. Pada saat menggoreng akan terdengar letusan-letusan kecil seperti ketika kita sedang menggoreng kacang.
  5. Kalau dirasa sudah masak angkat. Tiriskan sebentar. Lalu cepat pisah-pisahkan kue yang berbalut gula tersebut. Kalau terlalu lama didinginkan, mereka akan menyatu karena lapisan gulanya lengket satu sama lain.
  6. Kue Siap dihidangkan.

BACA SELENGKAPNYA Camilan khas Bengkulu ini memang pantas dinamakan kue siput karena bentuknya yang seperti siput. Banyak sekali orang yang menggemari kue ini, biasanya selalu hadir pada saat Hari Raya di rumah-rumah warga. Kue siput terbuat dari tepung dengan isi kacang yang digulung seperti siput. Rasanya sangat renyah, ada yang asin da nada juga yang manis. Berikut ini bahan dan cara membuatnya.


 

Tidak ada komentar untuk "Kue siput bengkulu"