Widget HTML Atas

Lempah Kulat


Lempah Kulat Khas Bangka yang Enak. Lempah kulat adalah salah satu makanan kuliner yang sudah terkenal di dalam maupun luar Bangka Belitung. Bagi masyarakat Bangka, makanan ini sudah menjadi daftar menu makanan terfavorit. Bahan-bahan yang digunakan untuk memasak lempah kulat antara lain adalah jamur pelawan, daun keladi sayur, nanas, pucuk labu dan rempah-rempah lainnya. Tentu saja makanan kuliner Bangka lempah kulat mengandung kadar gizi yang lebih dari cukup. Di samping bahannya juga terdapat bumbu dapur yang alami membuat yang mencicipi semakin membuat lidah bergoyang. Berikut adalah resep lempah kulat khas Bangka yang enak untuk Anda.

RESEP LEMPAH KULAT
Bahan :
50 gr Jamur pelawan
200 ml Santan kental
Batang darun keladi, pucuk labu dan nanas
Bumbu :

10 Siung bawang merah dan bawang putih
2 cm Lengkuas dan kunyit
50 gr Trasi
10 Buah cabai merah panjang
10 Buah cabai merah rawit

Cara membuat :
  1. Bersihkan jamur pelawan, rendam dalam air selama 25 menit.
  2. Haluskan semua bumbu.
  3. Tumis bumbu yang dihaluskan tadi dengan 2 sdm minyak goreng, setelah mengeluarkan aroma wangi bumbu tumis tambahkan 1 liter air.
  4. Masukan jamur pelawan dan sayuran.
  5. Tambahkan santan kental (direbus dalam kondisi api sedang), Tunggulah hingga mendidih. Jika jamur pelawan dan sayur sudah mulai agak layu angkatlah, jangan sampai jamur pelawan dan sayuran terlalu lama direbus karena akan mengurangi kadar gizi.
  6. Angkat dan siap disajikan.

BACA SELENGKAPNYA Demikian resep lempah kulat khas Bangka yang enak ini. Silahkan Anda coba resep ini dirumah dan sajikan ketika makan bersama keluarga dirumah. Selamat mencoba.
Apakah Anda suka dengan resep ini…? Jika iya, jangan lupa Like & Share ya…!! Terima kasih


 

Tidak ada komentar untuk "Lempah Kulat"