Widget HTML Atas

Sambal Lingkung


Sedang mencari ide resep abon ikan / sambal lingkung yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal abon ikan / sambal lingkung yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Guys, abon ikan ini adalah abon ikan kesukaan saya, rasanya uenak banget, kalau beli harganya luar biasa mahal huhuhu. kebetulan saudara laki laki saya. Sambal lingkung merupakan Abon Ikan khas Bangka yang biasa disantap sebagai pelengkap makan roti maupun sebagai lauk makan nasi. Sambal Lingkung ANAYA hadir di Trade Expo International di JI Expo Jakarta.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari abon ikan / sambal lingkung, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan abon ikan / sambal lingkung enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat abon ikan / sambal lingkung yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Abon ikan / sambal lingkung memakai 11 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Abon ikan / sambal lingkung:
  • Sediakan 1 kg daging ikan yg sudah direbus dan dihaluskan
  • Siapkan 1.5 L santan
  • Siapkan 1 kg bawang merah diiris halus
  • Gunakan 15 lbr daun jeruk
  • Gunakan garam, gula
  • Gunakan Bumbu yg dihaluskan
  • Sediakan seruas kunyit
  • Gunakan seruas lengkuas
  • Sediakan 5 btg sereh
  • Siapkan 5 bh cabe merah keriting
  • Sediakan 1 sdm ketumbar disangrai
Abon ikan nya tahan brp lama ko, cara menyimpan nya bgmn Комментарий от : Lisya Selviani. aloo Chef Edhy, coba buat juga ikan lele utk sambel lingkung dong. supaya lebih murah. Sambal lingkung dibuat dari bahan dasar ikan, bisa ikan tenggiri, ikan gabus, ikan belida, atau jenis ikan berdaging putih lainnya. Jika biasanya sambal terlihat berminyak, Sambal Lingkung lebih terlihat seperti abon, dengan warna yang kecoklatan dan tekstur cenderung kering. Sambal lingkung atau sambal lingkong adalah makanan khas dari Palembang.

Langkah-langkah menyiapkan Abon ikan / sambal lingkung:
  1. Siapkan bahan2. Ikan rebus yg ditumbuk, bumbu halus dan daun jeruk, bawang merah diiris halus
  2. Masukkan kedalam wajan santan, bumbu halus,bawang merah, ikan yg sudah direbus, daun jeruk, garam dan gula
  3. Aduk2 terus abon. Membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam dr adonan basah sampai menjadi abon. - Foto 1 Abon setelah kurang lebih 1 jam diaduk - Foto 2 Abon sekitar 2 jam an diaduk pd tahap ini kita masih bisa menambahkan garam dan gula ke dalam abon - Foto 3 Abon setelah diaduk sekitar 3 jam an, pd tahap ini sebaiknya tidak lg menambahkan garam atau gula krn gula tidak akan hancur - Foto 4 Abon setelah diaduk hampir 4 jam. Pd tahap ini jangan sekali2 berhenti mengaduk krn abon mudah gosong
  4. Berikut penampakan abon yg sudah kering. Segera angkat dr wajan. Setelah dingin simpan ke dalam wadah kedap udara. Abon siap dinikmati
Meski disebut sambal, sambal lingkong sebenarnya semacam abon atau serundeng yang terbuat dari ikan. Sambal lingkong kebanyakan terbuat dari ikan tengiri, santan kelapa, dan rempah-rempah lainnya. Lha kok kepikiran bikin abon ikan. Pake resep Sambal Lingkung nya mbak #jennynovembria. Ikan salai terbuat dari berbagai jenis ikan, seperti ikan patin, ikan gabus, dan ikan lais.

BACA SELENGKAPNYA Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Abon ikan / sambal lingkung yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!


 

Tidak ada komentar untuk "Sambal Lingkung"