Widget HTML Atas

Tahu susu, olahan susu khas boyolali


Boyolali merupakan kota yang terkenal dengan ternak sapi perah, hal itu membuat tingkat produktivitas susu sapi segar di Boyolali cukup tinggi. Beberapa makanan khas Boyolali terbuat dari susu, seperti susu tahu susu yang berbahan dasar perahan susu sapi murni. Tahu Susu merupakan tahu yang terbuat dari susu. Bahan pokok yang digunakan adalah susu sapi pertama yang baru melahirkan. Sapi yang baru melahirkan umumnya mengeluarkan susu yang nggak laku dijual karena warnanya yang menguning dan berbau amis. Akan tetapi, kandungan gizi yang terdapat dalam susu tersebut sangat tinggi. Suapaya nggak sia sia terbuang, Masyarakat Boyolali mengolahnya kembali menjadi cemilan bergizi. 

Cara pembuatan tahu susu :
  1. Cukup mencampur susu yang sudah diperas dengan bumbu tradisional seperti bawang putih, ketumbar, dan garam yang sudah dihaluskan. 
  2. Campurkan keduanya dan aduk hingga merata. 
  3. Bila sudah rata, tuangkan adonan ke dalam cetakan dan kukus hingga matang. 
  4. Usai dikukus, susu tersebut akan berbentuk seperti tahu pada umumnya. 
  5. Selanjutnya potonglah tahu susu sesuai selera. 
  6. Setelah itu, goreng tahu susu sebelum di makan.

BACA SELENGKAPNYA Tahu susu juga dikenal menjadi obat untuk penderita gangguan hipertensi. Perpaduan tahu dan susu menyajikan cita rasa gurih yang enak dan aroma susu yang kental. Struktur tahu susu juga lebih lembut dibanding dengan tahu kedelai bisa. Tahu susu khas Boyolali dijamin kesehatannya karena nggak ada campuran senyawa lain dalam proses pembuatannya. 


 

Tidak ada komentar untuk "Tahu susu, olahan susu khas boyolali"