Widget HTML Atas

Gembus Khas Cilacap


Cilacap, sebuah kota kecil di Jawa Tengah yang mungkin dianggap orang tidak terlalu istimewa. Namun, ketika Anda berkunjung ke sana, jangan harap ingin kembali pulang. Pasalnya, makanan khas Cilacap yang enak bakal menemani Anda dan keluarga bersantai di sana. Ada rica-rica angsa yang super pedas dan lezat, ada pula jajanan tradisional ibarat yang akan kami bahas kali ini.

Namanya gembus. Seperti ketika kita mempraktekkan bunyi ban bocor, ya? Makanan yang berbahan utama singkong ini mempunyai rasa yang asin-asin gurih. Diolah dengan cukup unik dengan resep gembus khas Cilacap, adalah pertama Anda harus menciptakan aci dari endapan air perasan singong. Kemudian dicampur dengan parutan singkong dan materi lainnya, dicetak bulat-bulat kemudian digoreng dalam minyak panas.

Makanan yang dibentuk memakai resep gembus khas Cilacap ini memang cocok dijadikan kudapan dan disantap dengan cara dicocol saus sambal. Ada pula yang menyajikannya bersama pecel maupun soto Cilacap. Bila Anda sudah cukup ingin tau dengan sajian ini, silahkan membuatnya segera!

Bahan:
  • 2.000 gram singkong
  • ½ sendok teh garam
  • Tepung tapioka secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:
  1. Pertama, siapkan beberapa materi yang cukup gampang didapatkan tersebut untuk mengolah gembus khas Cilacap
  2. Kedua, ambil singkong dan kupas kulitnya. Cucilah singkong tersebut hingga bersih. Tiriskan.
  3. Selanjutnya, parut singkong kemudian peras airnya. Sisakan kurang lebih 8 ons kemudian sisihkan dulu
  4. Lalu tuang air perasan singkong dalam wadah agar mengendap selama beberapa saat
  5. Kemudian, kalau sudah mengendap buang airnya dan ambil endapannya saja. Endapan tersebut berupa aci atau pathi
  6. Berikutnya, campurkan singkong parut tadi dengan endapan tersebut ditambah garam secukupnya. Aduk merata
  7. Biarkanlah adonan menjadi butiran-butiran kecil, kemudian kukus selama setengah jam hingga matang
  8. Setelah itu, angkat dan tumbuk kembali hingga halus. Letakkan tumbukan tersebut dalam wadah datar ibarat loyang yang sudah dialasi plastik
  9. Lalu ratakan dengan menekan-nekannya memakai tangan. Biarkan mendingin, kemudian potong memanjang sembari ditaburi tepung tapioka agar tidak lengket
  10. Ukur panjangnya kira-kira 18 cm dengan tebal 1 ½ cm. Kemudian bentuk bundar dengan merekatkan ujungnya sambil tetap ditaburi tepung tapioka.
  11. Kalau sudah final semuanya, gorenglah dalam minyak panas hingga matang. Tiriskan dan tata di piring saji
  12. Gembus goreng siap dinikmati

BACA SELENGKAPNYA Itulah resep gembus khas Cilacap. Anda juga sanggup menyimpan gembus mentah yang belum di goreng selama beberapa hari. Gembus mentah tersebut juga akan tahan selama 3 hari di ruang terbuka, apabila dibentuk tanpa adonan air. Selamat menikmati dan salam koki!


 

Tidak ada komentar untuk "Gembus Khas Cilacap"