Widget HTML Atas

Intip Ketan Khas Kudus


RESEP INTIP KETAN

BAHAN INTIP :
500 gram beras ketan putih
100 grm kelapa parut
200 ml santan panas (santan sedang, tidak ketal dan tidak encer)
1 sdm atau 50 gram gula
1/2 sdt garam atau sejumput
BAHAN ISI :
250 gram kelapa parut
100 gram gula pasir
CARA MEMBUAT INTIP KETAN :
Siapkan 500 gram beras ketan putih, kemudian cuci sampai bersih tandanya airnya bening, lalu rendam semalaman di dalam mangkok atau baskom lalu tutup. Lalu tiriskan airnya. Lalu siapkan kain kasa untuk di steam/kukus agar mudah diangkat dengan tidak lengket sewaktu mengangkatnya. Steam selamat 45 menit.
Cara Membuat Intip : Campurkan santan panas, gula pasir, dan garam. Aduk sampai semua bahan larut. Aduk-aduk. Masukkan kelapa parut dan larutan santan kelapanya ke dalam mangkok ketan kukus tadi. Aduk rata.
Ambil daun pisang (yang bagus pakai daun pisang kepok karena daun kepok lebih harum), daun pisangnya olesi margarin sedikit. Lalu ambil adonan ketan tadi sedikit demi sedikit pipihkan dan ratakan ke daun pisang pakai spatula sambil di tekan-tekan di atas daun pisang. Lakukan sampai adonan habis.
Panaskan teflon Lalu masukkan adonan ketan tadi ke dalam teflon sambil ditekan-tekan pakai spatula. Masak sampai berwarna kecoklatan.
Sajikan.

BACA SELENGKAPNYA Bagi kalian yang sering dolan, pastinya tahu kuliner Intip Ketan khas kudus satu ini. Apalagi saat Ramadhan tiba, siap-siap untuk antri lama atau kehabisan deh.


 

Tidak ada komentar untuk "Intip Ketan Khas Kudus"