Widget HTML Atas

Keciput Khas Kudus


Resep Keciput Wijen Renyah Garing Khas Kudus Sederhana Spesial Asli Enak. Kue Keciput adalah makanan sederhana sejenis onde-onde mini kecil rasa manis dan gurih ada yang bentuk bulat dan ada yang bentuk panjang lonjong sering disebut keciput panjang wijen empuk yang berasal dari Kudus, Jawa Tengah, dan sekitarnya. Keciput menjadi oleh-oleh khas dari Kudus, selain resep jenang kudus. Bukan hanya di kudus di Mojokerto, jawa Timur juga punya ciri khas tersendiri. Selain itu hadir juga di kota-kota seperti Belitung, Bandung, dll.

Bentuk Kue kering keciput wijen ini menyerupai onde-onde basah, dengan bentuk bulat memanjang atau lonjong dengan balutan biji wijen putih di seluruh bagian bulatannya. Yang membedakan dari onde-onde biasa yaitu bentuknya lebih kecil dan tidak ada pengisi sebagaimana onde-onde aneka isi. Satu lagi yang membedakannya dengan onde onde adalah saat digigit kue keciput ini tidak lembek seperti onde-onde tapi renyah kriuk dan garing karena teksturnya yang kering makanya sering disebut onde onde kering yang lezat. Agar supaya keciput ketawa empuk dan renyah simpanlah dalam toples yang tertutup rapat.

RESEP KUE KECIPUT
BAHAN :
  • 200 gram tepung beras ketan, ayak, boleh ketan putih atau ketan hitam
  • 3 butir telur ayam
  • 4 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 100 gram wijen putih
  • Minyak goreng untuk menggoreng ciput
CARA MEMBUAT KECIPUT RENYAH KHAS KUDUS :
  1. Campur semua bahan, kecuali wijen putih, uleni hingga rata dan kalis.
  2. Bentuk adonan bulat-bulat kecil sebesar kelereng untuk bentuk bulat/bundar atau memanjang untuk keciput panjang, gulingkan di atas wijen hingga seluruh permukaan tertutup rata. Lakukan hingga semua bahan habis.
  3. Goreng dalam minyak banyak di atas api sedang hingga terapung dan matang hingga berwarna coklat. Angkat, tiriskan.
  4. Sajikan untuk 350 gram.

Rasa keciput manis dan gurih dengan kerenyahan biji wijen. Proses produksi keciput sajian sedap menggunakan bahan telur, margarin, tepung terigu atau tepung beras ketan putih dan ketan hitam, dan dasar adonan perasa. Bahan tersebut dicampur dan diaduk hingga merata. Usai mengembang dan adonan mengeras, tinggal membentuk ukuran keciput sesuai selera. 

BACA SELENGKAPNYA  Usai membentuk ukuran kecil atau ukuran kotak dadu. Tak lupa adonan potongan keciput diayak dengan wijen. Cara ini agar lebih mudah, untuk menaburkan wijen secara merata ke seluruh permukaan kue ini. Sepintas mirip dengan cara membuat onde onde ketawa hanya saja ini versi sedih kayak Smile Emoticon. hehe. Untuk Aneka rasa dan variasi rasa boleh tambahkan keju untuk keciput asin.


 

Tidak ada komentar untuk "Keciput Khas Kudus"