Widget HTML Atas

Kerupuk tengiri Khas Cilacap


Krupuk tengiri merupakan krupuk ikan khas Cilacap yang terbuat dari bahan dasar ikan Tengiri. Berbentuk bulat kecil dan berwarna kecoklatan. Panganan ini sangat gurih sehingga cocok untuk disantap sebagai teman menonton tv ataupun sebagai pelengkap makan nasi maupun soto.
Kerupuk tengiri khas Cilacap ini sudah tersebar di beberapa kota di Indonesia.
Kandungan dan manfaat kerupuk ikan tengiri
Selain enak, kerupuk ikan rupanya juga memiliki nilai tambah berupa kandungan zat-zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Protein dan karbohidrat, yang merupakan zat-zat penting untuk kesehatan, mendominasi produk olahan ikan ini.
Di samping itu, kerupuk ikan masih mempunyai kandungan zat gizi lain seperti vitamin (A dan B1), mineral (fosfor, kalsium, besi), serta lemak. Zat-zat ini sebagian besar bersumber pada ikan yang memang tergolong produk pangan dengan kandungan gizi tinggi.

Bahan kerupuk ikan tengiri
Sebagian orang sangat suka dengan kerupuk tengiri ini karena rasanya yang gurih dan juga enak, namun untuk orang yang kurang suka dengan seafood atau hasil olahan laut, maka akan kurang suka karena rasanya dan baunya memang cenderung ikan tengiri yang cukup kuat.
Untuk bahan — bahan pembuat kerupuk tengiri sendiri adalah ikan tengiri yang sudah dihaluskan, tepung sagu, telur ayam, gula pasir, garam, soda kue, air dan penyedap rasa. Ikan tengiri yang kami gunakan adalah ikan pilihan dengan kualitas yang masih fresh dari nelayan pantai Cilacap.

Bahan-bahan untuk membuat kerupuk ikan tengiri:
  • Daging ikan tengiri 400 gram
  • Tepung sagu 600 gram
  • Telur ayam 4 butir
  • Gula pasir 40 gram
  • Soda kue 1 sdt
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa
Cara membuat kerupuk ikan tenggiri:
  1. Pertama-tama, haluskan daging ikan tengiri dengan cara ditumbuk atau diblender.
  2. Jika sudah benar-benar halus, buatlah adonan dengan mencampur bahan-bahan lainnya seperti air, gula, garam, dan penyedap rasa kemudian aduk hingga tercampur rata.
  3. Masukkan tepung sagu kedalam adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk atau diuleni agar tercampur sempurna.
  4. Jika sudah, kocoklah telur dan masukkan kedalam adonan tersebut beserta soda kuenya. Dan aduk kembali hingga merata.
  5. Jika sudah benar-benar tercampur merata, bentuklah adonan tersebut menjadi memanjang kira-kira sebesar jari telunjuk , lalu bungkus dengan plastik dan dikukus.
  6. Jika sudah matang, potong kecil-kecil dengan panjang kira-kira 1 cm. Agar kualitas potongan kerupuk juga bagus bisa menggunakan mesin pemotong kerupuk ikan murah Lalu jemur kerupuk hingga kering dibawang sinar matahari langsung.
  7. Jika sudah benar-benar kering kerupuk ikan tengiri sudah siap digoreng

BACA SELENGKAPNYA Untuk pengemasan bisa menggunakan mesin pengemas makanan atau versi lain dari cup sealer yang digunakan untuk mengemas minuman.


 

Tidak ada komentar untuk "Kerupuk tengiri Khas Cilacap"