Widget HTML Atas

"KICAK"(cenil singkong)

 


Hai Gaes pada postingan kali ini Kami akan sharing resep cara membuat "KICAK"(cenil singkong) sederhana yang dapat Bunda coba

Resep cara mengolah "KICAK"(cenil singkong). Kicak Ini makanan Tradisional yang terbuat dari singkong, Kicak ini Hampir sama dengan Cenil bedanya kalo cenil proresnya sampe malam. Kue kicak enaaak.! adalah jajanan tradisional dari singkong, bisa buat camilan juga bisa buat sarapan. #kuekicak #jajanantradisional. Kical-Cenil is one of traditional Indonesian food (especially in Java).

Cara Membuat "KICAK"(cenil singkong) Enak
resep cara buat "KICAK"(cenil singkong) Resep Kue Cenil Singkong Sederhana Enak dan Mudah Cara Membuatnya. Kicak Ini makanan Tradisional yang terbuat dari singkong, Kicak ini Hampir sama dengan Cenil bedanya kalo cenil. Kicak atau disebut juga Gethuk Kicak adalah makanan khas Jepara jajanan ini mudah ditemukan di pasar-pasar teradisional seperti Pasar Welahan, Pasar Anggur, Pasar Kalinyamatan, Pasar Karangrandu dll. Cara bikin "KICAK"(cenil singkong) yang lezat ini hanya menggunakan 8 bahan saja dan cukup memerlukan 7 langkah. Dibawah ini resep mengenai cara mengolah "KICAK"(cenil singkong) selengkapnya yang bisa kalian coba.

Bahan yang diperlukan :
  • Silahkan siapkan 300 gr of singkong yg udh diparut.
  • Silahkan siapkan 1 bgks of agar2 plain(me,swallow)pake setengah bgks sj.
  • Silahkan siapkan of Garam,vanili,secukupnya.
  • Silahkan siapkan of Kelapa parut secukupnya,ambl putih nya aja.
  • Silahkan siapkan 100 gr of gula merah.
  • Silahkan siapkan 2 sdm of gula pasir,.
  • Silahkan siapkan 2 lmbr of Pandan.
  • Silahkan siapkan bgks of Daun pisang buat.
Biasanya, kicak diburu oleh masyarakat sebagai takjil. Komposisinya sendiri, yaitu ketan yang ditumbuk halus atau dikenal dengan nama jadah, parutan kelapa, nangka, pandan, gula dan vanili. Kicak juga hanya bisa ditemukan di daerah kauman. Teksturnya yang legit membuat masyarakat membawa jajanan ini sebagai buah tangan.

Silahkan Sobat simak step by step cara bikin "KICAK"(cenil singkong) berikut ini :
  1. Parut singkong,gk perlu diperas.kasih garam dan vanili secukupnya.dan agar2 setengah bks..
  2. Bagi jadi dua warna,trsrh mo warna apa ya,sy pink sm hju aja..
  3. Bgks dng daun pisang,semat sm lidi,sm kek kita bgks lontong ya,.
  4. Panaskan dandang,kukus sampai Mateng..
  5. Sementara mengukus,rebus gula merah dan gula pasir,hingga mendidih brsm daun pandan.angkat saring..
  6. Setelah kicak dingin,potong2,balur dng kelapa yg sdh diberi garam sedikit.
  7. Tata di mangkuk,siram kuah gula merah,siap di hidangkan.

BACA SELENGKAPNYA Kicak adalah makanan yang tergolong langka, sebab makanan ini hanya ada saat bulan ramadhan Kicak ialah makanan tradisional yang dibuat oleh warga Kauman khususnya pada saat ramadhan.. Nasi Kucing, Brongkos, Sate Klatak, Mangut Lele, Jadah Tempe, Mie Lethek, Sate Kere, Sego Abang Lombok Ijo, Tengkleng Gajah, Bakmi Jawa, Soto Kadipiro, Gatot, Geplak, Cenil, Kipo, Kicak. Kue ini hanya ada pada bulan Ramadhan dan hanya ada di Kampung Kauman. Kue ini memang benar-benar unik dan langka baik ka. Kicak merupakan jajanan manis khas Yogyakarta yang sangat unik.


Tidak ada komentar untuk ""KICAK"(cenil singkong) "