Widget HTML Atas

LEMPOK kuliner Khas Kedungjati - Grobogan

 


Jika berbicara soal kuliner warga Kedungjati pasti tau salah satu kuliner ASLI Kedungjati yaitu LEMPOK, jika didaerah sumatra atau kalimantan Lempok/lempuk biasanya menyerupai dodol namun sangat berbeda dengan tempat kami lempok ditempat kami lebih menyerupai lontong namun hanya berbeda bentuk jika lontong bentuk bulat sedangkan lempok berbetuk gepeng/pipih.

Cara membuatnya pun tidak begitu rumit dan masih tergolong sederhana. Baik dari bahan, cara memasak, hingga siap untuk disajikan. Seperti halnya dalam pembuatan Lontong. Proses dan bahan pembuatan Lempok pun hampir sama dengan lontong bedanya hanya pada cara membungkusnya jika lontong dibungkus berbentuk bulat berbeda dengan lempok yang dibungkus tipis/pipih.
dalam satu bungkus daun pisang biasanya lempok dibuat bertumpuk atau berlapis bisa 2-3 lapis atau lebih.

Untuk proses pembuatan Lempok dimulai dengan mencuci beras terlebih dahulu, Setelah beras dicuci lalu beras dibungkus menggunakan daun pisang dan dimasak.

BACA SELENGKAPNYA Cara penyajian, lempok disajikan menggunakan urap sambal kelapa ataupun sambal pecel lalu dibungkus dengan daun jati. Kuliner KHAS Kedungjati ini banyak dijual dipasar kedungjati ( setiap hari ) dan pasar karanglangu setiap ( Wage & Pahing ) ataupun dijual dirumahan. Harganya pun murah meriah hanya 2000 rupiah kalian sudah bisa menikmati kuliner Kedungjati. Jika kalian mempir ke Kedungjati kalian wajib mencicipi kuliner khas Kedungjati, belum ke Kedungjati jika belum mencoba Lempok Kedungjati.