Widget HTML Atas

Manisan terong Khas Bengkulu


Anda sedang mencari inspirasi resep manisan terong ungu khas bengkulu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal manisan terong ungu khas bengkulu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Manisan terong lebih banyak dibeli oleh para wisatawan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di rumah. Makanan khas Bengkulu ini dianggap unik karena jika biasanya manisan terbuat dari bahan dasar berupa buah, manisan khas Bengkulu ini justru menggunakan terong yang notabene merupakan salah satu jenis sayuran. Manisan terong jika dilihat dari bentuknya yang kehitam-hitaman dan lembut ini hampir menyerupai buah kurma dan setelah dicicipi pun rasanya tidak jauh beda dengan kurma yang sering kita temui di pasaran.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari manisan terong ungu khas bengkulu, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan manisan terong ungu khas bengkulu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat manisan terong ungu khas bengkulu yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Manisan Terong Ungu Khas Bengkulu menggunakan 7 jenis bahan dan 17 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Manisan Terong Ungu Khas Bengkulu:
  1. Siapkan 500 gram terong 🍆 ungu
  2. Ambil 15 Sdm gula pasir
  3. Gunakan 1 cangkir air bersih
  4. Ambil 1/2 sdt asam Citroen (asam sitrat) / seujung kuku/ sedikit saja
  5. Siapkan 1/2 sdt garam(seujung kuku/sedikit saja)
  6. Siapkan 5 tetes pewarna merah
  7. Gunakan 1/4 sdt kapur sirih

Langkah-langkah menyiapkan Manisan Terong Ungu Khas Bengkulu:
  1. Siapkan semua bahan
  2. Tusuk tusuk terong dengan garpu. Lalu potong potong
  3. Siapkan air secukupnya untuk merendam terong. Dan larutkan 1/4 sdm kapur sirih kedalam air tersebut aduk hingga kapur sirih larut & tercampur. Kemudian rendam terong selama seharian. Saya mulai merendam jam 10.30 siang baru saya proses jam 8 malam. Proses perendaman terong berfungsi agar nanti pada saat proses pemasakan terong tidak hancur, dan terong akan bertekstur lembut kenyal.
  4. Setelah proses perendaman selesai kita cuci terong bersih bersih hingga air cucian terong menjadi jernih.
  5. Selanjutnya Proses Pembuatan Karamel, kita panaskan wajan / kuali masukan gula pasir/ putih masak dg api sedang tunggu hingga gula larut jadi karamel.
  6. Selanjutnya jika gula benar benar sudah jadi karamel, tambahkan air, biarkan sejenak. Jangan khawatir karamel akan sedikit kaget dia akan mengeras terkena air. Lalu kita kembali aduk perlahan sampai karamel mencair kembali.
  7. Setelah karamel mencair kembali kita tambahkan garam, asam Citroen, & pewarna.
  8. Aduk jika garamnya sudah larut baru kita masukan juga terong. Aduk hingga tercampur rata, tunggu hingga air nya mengering.
  9. Jika sudah mengering, kita angkat.
  10. Jika ingin di makan pada saat proses ini udh bisa. Tapi ini blm jadi, harus di jemur selama tiga hari. Tapi saya males menjemur karena masaknya hanya 500 gram. Blm lagi sekarang musim hujan. Jadi saya keringkan dengan proses oven.
  11. Siapkan oven, panaskan oven. Susun manisan terong ke dalam loyang
  12. Jika oven sudah panas masukan terong ke dalam oven. Saya pakai api atas bawah, dg suhu 150' selama 45 menit.
  13. Tapi akan lebih enak rasanya jika mengikuti proses penjemuran dari sinar matahari. Dan akan awet hingga 3 s.d 6 bulan. Jika proses penjemurannya kering & merata.
  14. Semalam berhubung manisan terong nya masih sisa, untuk menyempurnakan saya jemur lagi. Selagi cuaca cerah, sekalian nanti biar temen temen bisa lihat hasilnya bagaimna kalau mengikuti proses yang benar.

Penampilan setelah di jemur hari ke 3 dan akan kita simpan ke dalam toples
Akan tetapi berkat usaha kreatif masyarakat Bengkulu, terong panjang yang bewarna ungu ini dapat diolah menjadi cemilan yang berasa manis. Dibuat dari olahan terong ungu degan gula pasir yang memiliki rasa bak kurma. Pastilah Anda sudah bisa menebak bagaimana rasanya jika diibaratkan seperti kurma. Pengolahan manisan terong ini membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga tak heran jika jajanan khas Bengkulu. Manisan Terong Manisan terong, Via Instagram irahlalbengkulu.

BACA SELENGKAPNYA Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat manisan terong ungu khas bengkulu yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


 

Tidak ada komentar untuk "Manisan terong Khas Bengkulu"