Widget HTML Atas

Mengenal Jipang Kacang, Cemilan Khas Kebumen


Kebumen adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa.

Terkenal dengan julukan Kota Lawet, Kebumen memiliki ragam kuliner gurih dan manis. Salah satu yang bisa Anda coba ketika bertandang ke kota yang berhawa sejuk ini adalah “Jipang Kacang”.

Jipang Kacang termasuk jajanan “ndeso” dan jadul. Makanan khas ini terbuat dari kacang tanah yang dicampur dengan gula merah. Jipang Kacang ini memiliki bentuk yang padat dan cita rasa manis, legit dan lengket.

Proses pembuatannya yaitu kacang tanah yang sudah digiling kasar serta disangrai kemudian disiram gula jawa kental hingga merata di atas loyang atau “tampah”.

Kemudian tunggu hingga mengeras lalu dipotong berbentuk persegi panjang. Terakhir, Jipang Kacang siap dikemas. Jika dahulu menggunakan daun pisang kering kini digantikan dengan plastik.

Jipang Kacang pas jadi oleh-oleh khas Kebumen yang bisa Anda bawa pulang. Selain murah, cemilan yang enak dinikmati bersama secangkir teh ketika sore hari ini juga tahan lama. Harganya sendiri cukup bervariasi, tergantung ukuran kemasannya. Ukuran kecil Rp 2.000, sedang Rp 2.500, dan besar Rp 5.500.

Jipang Kacang terkenal bukan karena luasnya pangsa pasar, tetapi karena telah diproduksi sejak nenek moyang. Makanan ini sudah lama dikenal oleh masyarakat Kebumen.

Konon dibuatnya jipang yaitu karena sebagian besar penduduk Desa Sidamulya berprofesi sebagai petani, sehingga pada saat-saat tertentu, seperti setelah musim tanam, penduduk Desa Sidamulya tidak bekerja di sawah.

BACA SELENGKAPNYA Memanfaatkan waktu luang tersebut, beberapa diantara mereka ada yang berdagang di pasar, membuka warung di rumah, dan ada juga yang berwirausaha membuat makanan ringan, yaitu Jipang Kacang ini.


 

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Jipang Kacang, Cemilan Khas Kebumen"