Widget HTML Atas

Nasi Grombyang Pemalang

 


Selain kondang dengan kuliner kepiting. Pemalang juga punya hidangan berkuah mirip soto dan sup, namanya Nasi Grombyang. Seperti ini lezatnya.
Nasi Grombyang merupakan semangkok kuah daging berbumbu rempah-rempah dengan sedikit nasi. Dengan banyak kuah daging ini, membuat nasi dan daging sapi akan mengapung-ngapung dan bergoyang saat dibawa, inilah yang disebut dengan 'grombyang' dalam bahasa Pemalang yang berarti mengapung dan bergoyang-goyang.

Salah satu warung Nasi Grombyang yang legendaris adalah Nasi Grombyang Haji Warso yang berada di Jalan RE Martadinata, Kelurahan Pelutan, Pemalang. Warung yang sudah ada sejak 1978 atau sejak 44 tahun lalu ini kini dikelola oleh anak yakni Imam Hidayat (36).

"Nasi Grombyang merupakan makanan khas sini (Pemalang), yang berupa nasi putih, yang dicampur banyak kuah yang berisi daging sapi dan bumbu rempah-rempah, dalam satu mangkok," kata Imam.

"Grombyang sendiri merupakan bahasa Pemalang yang berarti mengapung dan bergoyang-goyang. Kalau bapak saya sejak tahun 1978. Memang sebelumnya Nasi Grombyang ini kebanyakan dijual keliling," imbuh Imam.

BACA SELENGKAPNYA Tidak diketahui dengan pasti kapan makanan khas ini mulai diciptakan dan oleh siapa. namun makanan khas pemalang ini sudah dikenal sejak dulu bagi masyarakat Pemalang. Dengan bumbu rempah seperti lengkuas, jahe, kunyit, salam, kemiri, daun salam, kluwak dan lainnya, akan terasa hangat di tubuh. Apalagi isian daging sapinya sangat empuk saat dikunyah.



Tidak ada komentar untuk "Nasi Grombyang Pemalang"