Widget HTML Atas

Nikmatnya Olahan Ikan Asin atau Gesek Khas Kota Cilacap


Kabupaten Cilacap merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kota Cilacap. Kabupaten Cilacap dilansir memiliki potensi sumber daya alam yang cukup melimpah di sektor perikanan, wajar saja karena letaknya berada di kawasan pesisir pantai.

Oleh karena itu, Kota Cilacap memiliki berbagai olahan berbahan dasar ikan laut yang dijadikan oleh-oleh khas. Salah satunya yang cukup terkenal yaitu ikan asin/gesek. Oleh-oleh satu ini tersedia banyak di sekitar area wisata Pantai Teluk Penyu, Pantai Widarapayung, Pantai Ayah, Pantai Logending, Pantai Sodong, dan masih banyak lagi tempat yang menjual ikan asin/gesek.

Ikan asin/gesek adalah makanan tradisional khas Kota Cilacap yang terbuat dari daging ikan segar yang kemudian diawetkan melalui proses pengasinan. Semua jenis ikan bisa diawatkan melalui proses pengasinan, baik ikan darat maupun ikan laut seperti ikan tenggiri, teri, peda, gabus, layang, jambal, dan masih banyak lainnya. Prosesnya dibuat tanpa bahan sintesis yang bersifat kimiawi dan bisa bertahan lama hingga berbulan-bulan. Produk ini bisa dijadikan sebagai menu lauk tambahan, makanan cemilan (makanan ringan) seperti kerupuk ikan asin pedas dan keripik krispi ikan asin. 

Olahan dari Ikan Asin/Gesek
Olahan beragam ikan dengan cara diasinkan bisa dijadikan sebagai pilihan tepat untuk lauk makanan yang enak. Paduan paling cocok tentu dimasak menggunakan bumbu dapur atau rempah segar, aneka cabe yang pedas hingga santan. Rasa gurih gesek bercampur dengan pedasnya cabe akan menarik selera makan hingga bisa nambah nasi terus lho.
 
Yang paling penting, Teman Brisik harus memilih ikan asin yang berkualitas bagus. Segar aromanya, teksturnya tidak keras dan bentuknya masih utuh. Sebaiknya rebus atau rendam dengan air panas beberapa saat untuk melarutkan garam supaya saat disajikan tidak terlalu asin.
 
Terdapat beberapa olahan dari ikan asin/gesek yang bisa dijadikan sebagai pilihan lauk lezat untuk makan seperti ikan asin jambal cabe hijau, tumis ikan asin peda kemangi, tumis ikan asin tenggiri asam manis, ikan asin oseng pete, orak-arik ikan asin, dan masih banyak olahan makanan dari ikan asin lainnya. 

Manfaat Olahan Ikan Asin/Gesek
Ikan asin/gesek mengandung omega-3 yang cukup tinggi. Selain itu, olahan makanan laut yang satu ini juga kaya akan kandungan kolesterol baik. Ikan asin dapat membantu mencegah penyakit jantung dan berbagai permasalahan jantung lainnya. Kandungan omega-3 pada ikan asin juga membantu menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.
 
BACA SELENGKAPNYA Dapat dilihat manfaat yang terkandung dalam ikan asin ini membuatnya dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh yang cukup digemari oleh banyak orang. Buah tangan satu ini wajib banget buat kamu coba saat berkunjung ke Kota Cilacap.


 

Tidak ada komentar untuk "Nikmatnya Olahan Ikan Asin atau Gesek Khas Kota Cilacap"