Widget HTML Atas

Petis Runting Khas Pati


Siapa yang suka jalan-jalan berburu kuliner khas daerah? Jika berkunjung ke Pati jangan lupa untuk mencicipi Petis Runting yang menjadi khas Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah.

Rupanya kuliner unik tersebut merupakan salah satu olehan dari kambing yang bisa dibilang mirip dengan masakan gulai kambing. Bedanya ada di tepung beras yang dicampurkan dengan rebusan daging.

Pembuatannya juga terbilang bisa dipraktikkan di mana saja karena hanya membutuhkan 13 bahan dan 4 langkah saja. Ini dia resep lengkap memasak Petis Runting khas Pati.

Bahan:
Tepung petis sebanyak ¼ kg
Balungan kambing atau sapi sesuai selera sebanyak 1 kg
Bumbu halus yang bisa di blender atau diuleg berisi bawang merah 8 siung
Bawang putih 4 siung
Lengkuas 1 ruas
Kunir 1 ruas
Daun jeruk 2 lembar
Kemiri 5 butir
Cabe rawit sampur merah segenggam yang bisa disesuaikan dengan lidah masing-masing
Ketumbar 1 sendok teh
Merica 1 sendok teh
Jahe yang sudah di geprek sebanyak 2 ruas

Cara memasak Petis Runting
Presto atau rebus balungan sampai empuk
Haluskan bumbu yang disiapkan sebagai bumbu halus kemudian tumis sampai harum
Cuci bersih tepung petis dengan menggunakan cara menambahkan air lalu buang kotoran yang mengambang layaknya mencuci kacang hijau atau beras. Setelah bersih rendam dengan air bersih.
Terakhir masukkan bumbu yang telah ditumis sebelumnya ke dalam rebusan balungan kambing atau sapi tadi, masukkan tepung petis yang sudah direndam, lalu aduk merata dan secara berkala supaya tepung tidak mengendap di dasar lalu gosong
Tunggu dengan sabar sampai seluruh bumbu meresap menjadi satu dengan balungan kambing atau sapi. Kemudian lakukan tes rasa terakhir sebelum dihidangkan bersama kerupuk atau juga bisa gudangan

BACA SELENGKAPNYA Petis Runting awalnya merupakan percobaan masakan dari sisa-sisa balungan kambing agar sedap untuk dinikmati, nama Petis Runting berasal dari 2 kata yakni “Petis” dan “Runting”.


 


Tidak ada komentar untuk "Petis Runting Khas Pati"