Widget HTML Atas

Resep dan Cara Membuat Pancake Durian


Kamu pecinta durian? Jika iya, pasti kamu sudah tak asing lagi dengan salah satu olahan durian yang enak, yakni pancake durian. Hidangan pencuci mulut ini memang mampu membuat orang yang menyantapnya terbius akan kelezatan rasanya. Rasa manis nan creamy dengan teksturnya yang lembut jadi hal yang melekat di mulut.

Pancake durian sendiri pertama kali dipelopori oleh warga Medan, Sumatera Utara. Dibuat dari kulit crepe yang diisi dengan vla durian, pancake durian paling enak disantap saat dingin. Bahkan beberapa orang lebih suka menyantapnya beku karena rasanya jadi mirip seperti es krim.

Di kota asalnya, penganan ini dijadikan sebagai oleh-oleh. Namun sayangnya, pancake durian tidak bisa bertahan lama dalam perjalanan jauh. Belum lagi aromanya yang dapat mengganggu orang lain yang tidak menyukainya.

Daripada repot-repot berburu pancake durian hingga ke Kota Medan, lebih baik untuk membuatnya sendiri di rumah. Ya, pancake durian bukan hanya enak tapi juga sangat mudah dibuat. Saking mudahnya, pemula yang tidak masak pun bisa membuat pancake durian yang enak. Tidak percaya?

Jika ingin membuktikannya, kamu bisa mencoba resep dan cara membuat pancake durian di artikel ini. Resep pancake durian ini juga bisa dicoba untuk dijadikan peluang usaha. Dijamin tidak akan bikin pelanggan kecewa. Yuk, coba bikin pancake durian sendiri di rumah!

Cara membuat pancake durian Medan ini bisa dibilang sederhana karena tidak memakan waktu yang lama. Jenis durian yang digunakan pun tidak harus yang berasal dari Medan. Kamu bisa menggunakan jenis durian lainnya seperti durian petruk atau monthong.

Whipping cream sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu bubuk dan likuid. Khusus untuk membuat vla durian yang enak, sebaiknya gunakan whipping cream cair. Cita rasa whipping cream cair dinilai lebih enak dan creamy bila dibandingkan dengan yang jenisnya bubuk. Saat mengolah whipping cream cair, pastikan whipping cream berada dalam suhu dingin supaya bisa mengembang dengan sempurna. 

Bagi yang sudah mendapatkan semua bahan untuk membuat pancake durian, kamu bisa langsung mengeksekusinya. Berikut resep dan cara membuat pancake durian yang mudah, sederhana, dan pastinya enak.

Cara Membuat Pancake Durian
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
Kulit pancake:
  • 100 gram tepung terigu
  • 2 sdm tepung maizena
  • 2 sdt vanilla cair
  • 2 butir telur
  • 400 ml susu cair
  • 6 sdt margarin cair
  • Pewarna makanan sesuai selera
Bahan isi:
  • 150 gram whipping cream cair
  • 300 gram daging buah durian, haluskan dengan blender
Proses pembuatan:
  1. Tuang seluruh bahan kulit pancake dalam mangkuk dan mixer hingga merata
  2. Kemudian saring adonan, lalu tambahkan pewarna makanan sebanyak 3 tetes. Aduk rata
  3. Panaskan wajan antilengket dengan api kecil, kemudian tuangkan dua centong adonan dan ratakan. Pastikan adonan mengeluarkan gelembung-gelembung kecil. Proses ini tidak perlu dibalik. Jika sudah matang, sisihkan
  4. Untuk membuat vla durian, kocok whipping cream menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang. Lalu, tambahkan daging buah durian yang sudah dihaluskan. Kemudian, mixer lagi hingga adonan tercampur rata
  5. Ambil lembaran kulit crepes, lalu isi dengan dua sendok vla durian. Bungkus membentuk persegi dan simpan di dalam freezer selama 1 – 2 jam dan sajikan

BACA SELENGKAPNYA Yang paling penting, daging buah durian harus segar dan memiliki aroma serta rasa yang menggoda sehingga saat diolah menjadi vla durian, rasa dan aroma khasnya bisa keluar. Dalam membuat vla durian untuk isinya, diperlukan whipping cream guna menghasilkan cita rasa dan tekstur yang legit.


 

Tidak ada komentar untuk "Resep dan Cara Membuat Pancake Durian"