Widget HTML Atas

Sayur Asem Jepara


Sebelumnya kami telah membahas wacana sayur asam kacang merah yang berasal dari Sumedang. Sajian kali ini sama sayur asamnya, tapi tidak memakai kacang merah. Hidangan yang sudah umum disajikan masyarakat Indonesia tersebut berasal dari Jepara. Memang hampir menyerupai dengan sayur asem khas Jakarta, kuahnya juga tidak terlalu bening dengan isian yang berbeda dari pada umumnya pula.

Memasak sayur asam memang dapat memakai sayuran yang sekenanya, asalkan pas dan cocok serta sesuai selera. Anda dapat menambahkan daun singkong, belahan wortel dan jagung muda sebagai isiannya. Namun, kota di Jawa Tengah dengan resepnya ialah resep sayur asem khas Jepara ini menghidangkan menu yang berbeda.

About
Kontak
Sitemap
Disclaimer
Iklan
Links
Home › jagung › Masakan Khas Jepara
Resep Menciptakan Sayur Asem Khas Jepara

 
Resep Sayur Asem Khas Jepara – Sebelumnya kami telah membahas wacana sayur asam kacang merah yang berasal dari Sumedang. Sajian kali ini sama sayur asamnya, tapi tidak memakai kacang merah. Hidangan yang sudah umum disajikan masyarakat Indonesia tersebut berasal dari Jepara. Memang hampir menyerupai dengan sayur asem khas Jakarta, kuahnya juga tidak terlalu bening dengan isian yang berbeda dari pada umumnya pula.

Memasak sayur asam memang dapat memakai sayuran yang sekenanya, asalkan pas dan cocok serta sesuai selera. Anda dapat menambahkan daun singkong, belahan wortel dan jagung muda sebagai isiannya. Namun, kota di Jawa Tengah dengan resepnya ialah resep sayur asem khas Jepara ini menghidangkan menu yang berbeda.
Sebelumnya kami telah membahas wacana sayur asam kacang merah yang berasal dari Sumedang Resep Membuat Sayur Asem Khas Jepara
Sayur Asem Khas Jepara

Ada belahan terung ungu, kacang kedelai, kacang panjang dan daun melinjo. Jagung putren yang dipotong-potongi kecil pun tidak ketinggalan dalam penyajian hidangan tersebut. Kuahnya yang tidak terlalu bening juga turut menyegarkan. Dengan adanya kacang kedelai dan isian yang dapat dibilang padat, Anda akan kekenyangan walau hanya menyantap menu resep sayur asem khas Jepara tanpa nasi saja.

Bahan:
½ ons terung ungu, potong-potong sesuai selera
½ ons jagung putren, potong kecil
½ ons kacang kedelai
5 lonjor kacang panjang, potong-potong
¼ ons daun melinjo
1,2 liter air
2 ¼ sendok teh garam
1 ½ sendok teh gula pasir

Bumbu Halus:
½ sendok teh garam
½ sendok teh terasi bakar
1 cm lengkuas
2 butir kemiri, sangrai
2 siung bawang putih
3 sendok teh air asam, dari 1 sendok teh asam Jawa dicampur 2 sendok makan air
7 butir bawang merah

CARA MEMBUAT
  1. Pertama, siapkan semua materi dan bumbu yang diharapkan untuk mengolah sayur asem khas Jepara di atas
  2. Kedua, ambil belahan sayur menyerupai terung ungu, kacang panjang, jagung putren, melinjo dan kacang kedelai untuk dicuci sampai bersih. Tiriskan
  3. Selanjutnya, rendamlah kacang kedelai dalam air selama kurang lebih dua jam
  4. Sesudah itu, angkat kacang kedelai dan tiriskan dari air rendamannya.
  5. Kemudian rebuslah kacang kedelai tersebut bersama bumbu halus dalam air sampai benar-benar empuk
  6. Lalu tambahkan kacang panjang, belahan terung ungu, jagung putren dan daun melinjo.
  7. Setelah itu, beri garam dan gula pasir sambil diaduk-aduk sampai matang
  8. Terakhir, angkat menu sayur asem dan hidangkan di mangkuk saji. Hidangan siap dinikmati!

BACA SELENGKAPNYA Resep sayur asem khas Jepara di atas akan menghasilkan 5 porsi hidangan. Anda harus segera menikmati menu ini hangat-hangat agar rasanya tetap sedap dengan utuh. Selamat menikmati dan salam koki!


 

Tidak ada komentar untuk "Sayur Asem Jepara"