Widget HTML Atas

Sego Wiwit


Daerah Klaten Jawa Tengah juga nggak kalah dengan kuliner lezat dan legendarisnya lho. Para petani menjelang masa tanam padi, kerap membuat masakan yang disebut Sego Wiwit. Nah kamu tahu nggak asal mula Sego Wiwit Klaten? Kalau belum, simak penjelasannya berikut ini

Asal mula Kuliner khas Klaten ini Dalam bahasa Jawa Sego artinya nasi, sedangkan Wiwit artinya memulai. Jadi, memasak nasi untuk memulai, maksudnya mungkin adalah memulai menanam padi.
Biasanya para petani memasak Sego Wiwit saat menjelang tanam padi, meskipun sederhana tapi rasanya enak lho.

Menurut kepercayaan warga setempat, Sego Wiwit Klaten dibuat untuk menghormati Dewi Sri sang Dewi padi, sekaligus sebagai tanda syukur atas rezeki yang telah diberikan tuhan.

Cara Membuat 
Sahabat kulinear, sebenarnya segi Wiwit terbuat dari nasi putih biasa yang dibentuk kerucut mirip dengan gunung atau tumpeng. Selain nasi, juga dilengkapi dengan gudangan, ayam ingkung, telur rebus, ikan asin, dan kedelai yang ditumbuk, wah paket komplit nih.

Dalam pembuatan ayam ingkung membutuhkan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih dan lengkuas. Ayam ingkung dimasak dengan bumbu rempah tadi dengan tambahan air panas agar bumbu meresap, sengaja menggunakan arang agar rasa ayam semakin sedap dan cepat empuk.
Ayamnya empuk dan gurih, apalagi tambahan bumbu kedelainya hmm bikin Sego Wiwit semakin enak.

Untuk membuat gudangan, kita rebus terlebih dahulu ya sayurannya terdiri dari bayam, tauge dan kacang panjang, selain itu ada juga ikan asin yang digongseng. Berbeda dengan menu lainnya, Sego Wiwit tidak ada tambahan sambalnya nih. Untuk menggantikan sambal digunakan kacang kedelai yang digongseng sampai matang dan ditumbuk dengan bawang putih, daun jeruk dan kencur, nah ini dia yang bikin beda gurih banget pokoknya deh.

BACA SELENGKAPNYA Dalam menyajikan sego Wiwit terlebih dahulu kita bentuk nasi putihnya. Lalu letakkan ditengah – tengah nampan dengan alas daun pisang, setelah itu tambahkan lauknya satu persatu.
Sekarang banyak kok, tempat-tempat yang menyediakan Sego Wiwit, tentunya dengan tampilan yang disesuaikan, bisa untuk sendiri atau ramai – ramai. Satu porsi Sego Wiwit harganya sekitar 20 ribuan saja, lauknya bisa dipilih sesuai selera bisa ayam atau ikan nila goreng, duh bikin laper ya hehe.


 

Tidak ada komentar untuk "Sego Wiwit"