Widget HTML Atas

Swike Kodok Bu Reso

Apa yang anda bayangkan pertama kali ketika mendengar masakan berbahan Katak? Jijik barangkali komentar pertama yang akan anda lontarkan. Ya, binatang amfibi pemakan serangga yang hidup di air tawar atau di daratan ini berkulit licin, berwarna hijau atau merah kecokelat-cokelatan, dan juga memiliki kaki belakang lebih panjang, pandai melompat dan berenang. Untuk orang awam mungkin sangat aneh membayangkan katak diolah menjadi makanan. Tapi tunggu dulu, masyarakat sekitar Klaten sangat gemar menikmatinya. Melalui tangan dari Bu Reso penjual masakan berbahan katak atau yang lebih dikenal Swike ia bisa menyulapnya menjadi makanan yang begitu nikmat yang perlu anda coba!

Istilah “Swike” sendiri berasal dari dialek Hokkian yaitu  Sui yang artinya air dan ke yang artinya ayam. Secara harfiah Swike berarti ayam air. Istilah “Ayam Air” ini muncul karena daging paha katak ini memiliki cita rasa seperti daging ayam namun teksturnya lebih halus dan hampir menyerupai daging ikan.

Jika Anda bukan penduduk sekitar, untuk mencari warung Swike Bu Reso yang berlokasi di Blateran ini mungkin Anda akan sedikit kesusahan. “Patokan lokasi jika dari arah Solo, sesampai di perempatan Mall Matahari belok kiri lalu melewati jalan di samping Pasar Gede, sesampai di perempatan lurus sekitar 200 meter. Ada gang pertama di kanan jalan, masuk 50 meter. Jika masih kesusahan mencarinya bisa bertanya dengan warga sekitar atau datang ke cabang warung yang berlokasi di Pasar Srago. Jangan khawatir, kegigihan Anda akan terbayarkan dengan hidangan swike yang sangat mantap.” Ujar Pak Sining yang sudah berlangganan selama 2 tahun terakhir di warung pusat tersebut.

BACA SELENGKAPNYA Ada bermacam-macam menu masakan yaitu Swike Nyemek, Swike Kuah, Swike Goreng Tepung, dan Swike Goreng Garing. Selain daging, ada juga pilihan menu telur katak. Cita Rasa Swike Nyemek dengan kuah kecap kecoklatan maupun Swike Godhog-Kuah, yang menggoda lidah dan dilengkapi dengan sambal bawang-cabe rawit irisan acar mentimun ini dipatok dengan harga mulai Rp20.000,-. Pengunjung disarankan datang ke lokasi sebelum jam 10 pagi karena takutnya swike sudah habis karena larisnya.




 


Tidak ada komentar untuk "Swike Kodok Bu Reso"