Widget HTML Atas

10 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Tubuh


Daun bidara mungkin masih asing di telinga kita, berasal dari pohon bidara, daun ini dianggap sebagai solusi untuk masalah kesehatan tubuh. Daun bidara adalah tanaman herbal yang kerap dijadikan sebagai obat tradisional , mempunyai tinggi sekitar 6 – 15 meter. Ranting dari pohon tersebut memiliki duri disekitarnya serta daun bidara mempunyai permukaan yang halus.

Pohon ini merupakan tanaman yang keras, sehingga tanaman ini bisa tumbuh secara liar, namun ada beberapa yang membeli bibitnya atau menanamnya di dalam pot. Dalam Al-Qur’an pada surat Al-Waqi’ah (56) ayat 27-32 juga menjelaskan bahwa pohon widara (bidara) akan ada di surga sebagai tempat berteduh seluruh penghuninya kelak. Namun bedanya jika di surga pohon ini tidak akan memiliki duri dan banyak buahnya.

Manfaat daun bidara jarang diketahui, padahal daun ini terdapat kandungan polifenol, siklopeptida alkaloid, saponin dammarane, mineral, vitamin, asam amino, dan asam lemak tak jenuh ganda. Yang pasti memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk mengetahui manfaat daun bidara bisa baca artikel di bawah ini :

1. Manfaat Daun Bidara untuk Diabetes Mellitus
Daun bidara juga mengandung indeks glikemik yang cukup rendah. Glikemik merupakan kadar gula dalam suatu jenis makanan atau tumbuhan. Kandungan tersebut juga dapat menghambat peningkatan kadar gula darah. Itulah yang membuat daun bidara efektif dalam menyembuhkan diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan diabetes mellitus gestasional.

2. Menurunkan Kolesterol
Manfaat daun bidara juga dapat menurunkan kolesterol. Serat yang larut dalam air juga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat maupun LDL. Kalian dapat mencobanya dengan merebus air dengan daun bidara. Manfaat daun bidara lainnya juga dapat mengikat kolesterol yang terdapat pada sistem pencernaan dan membuangnya keluar melalui feses.

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Selanjutnya manfaat daun bidara untuk menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung juga memiliki berbagai penyebab, salah satunya yaitu pola makan. Pola makan yang tidak teratur juga akan menjadi beberapa masalah bagi kesehatan jatung dan tubuh. Kalian dapat menambahkan rebusan daun bidara ke dalam menu pola makan, untuk mencegah munculnya penyakit jantung.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan
Selain dapat menjaga kesehatan jantung, manfaat daun bidara juga dapat mengatasi masalah pencernaan. Manfaat daun bidara dapat meringankan dampak negative dari asam lambung, sehingga cocok untuk para penderita maag. Daun bidara dapat mengeluarkan racun yang terdapat pada system pencernaan sehingga dapatmengatasi gangguan pencernaan lainnya, serta mencegah terjadinya infeksi di saluran pencernaan. Nah, untuk mendapatkan manfaat tersebut kamu dapat meminum air rebusan daun bidara secara rutin atau dapat mengaplikasikan daun bidara secara langsung pada bagian anus yang membengkak jika mengalami wasir.

5. Manfaat Daun Bidara sebagai Obat Masuk Angin
Kandungan yang terdapat dala daun bidara adalah antibakteri yang cukup efektif mencegah pertumbuhan bakteri dan virus. Salah satunya Influenza yang disebabkan oleh bakteri dan virus, sehingga daun bisadar dapat dijadikan sebagai obat flu, seperti pilek dan batuk. Selain untuk flu biasa, manfaat daun bidara juga dapat menyembuhkan flu burung dan flu babi yang disebabkan oleh virus.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Salah satu manfaat daun bidara yang cukup terkenal yaitu dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Didalam daun bidara juga terdapat mineral yang cukup tinggi, sedangkan untuk menyusun tulang dan gigi adalah membutuhkan mineral kalsium. Hal ini dapat menjadikan daun bidara sebagai mengatasi masalah kesehatan tulang dan gigi agar tidak rapuh.

7. Mengatasi Sariawan
Sariawan bisa terjadi karena kurangnya vitamin c, manfaat daun bidara juga dapat mengatasi sariawan. Salah satu kandungan yang terdapat di daun bidara adalah antioksidan, yang dapat mencegah bakteri di dalam mulut. Selain mengatasi sariawan juga dapat membantu masalah mulut, seperti bibir pecah-pecah.

8. Membantu Penyembuhan Luka
Manfaat daun bidara yaitu dapat menyembuhkan luka, seperti lecet karena jatuh atau terbakar. Kandungan zat saponin, tannin dan flavonoid yang terdapat dalam daun bidara ini dapat menghentikan pendarahan dan menutup luka pada kulit.

9. Mengatasi Masalah Kewanitaan
Mempunyai masalah kewanitaan membuat dilema karena dapat membuat ketidaknyamanan. Kandungan antiseptic yang terdapat pada daun bidara muda dan segar dapat mengatasi masalah keputihan dan menstruasi. Selain kandungan antiseptic dari daun bidara juga dapat menstabilkan hormon agar menstruasi dapat kembali normal dan menekan bakteri penyebab keputihan

10. Mengobati Keputihan
30% Perempuan Mengalami Gangguan Tidur di Masa Menstruasi
Selain dapat mengatasi daerah kewanitaan, manfaat daun bisara juga dapat mengobati keputihan. Walaupun masalah ini wajar bagi perempuan yang usia subur, namun jika dibiarkan dapat menimbulkan masalah lain, seperti bau yang tidak sedap. Nah, untuk mendapatkan manfaat daun bidara untuk mengobati keputihan adalah menggunakannya untuk mandi. Dapat diulangi perawatan ini dua kali sehari sampai sembuh.

BACA SELENGKAPNYA Nah, di atas merupakan manfaat daun bidara untuk kesehatan tubuh, perlu diingat bahwa untuk membuat pengobatan secara alami harus dilakukan secara rutin karena akan memberikan dampak yang efektif bagi masalah tubuh.

SUMBER: fimela.com


 


Tidak ada komentar untuk "10 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Tubuh"