Widget HTML Atas

12 Oleh-oleh Khas Situbondo yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini


Indonesia punya banyak sekali tempat wisata. Tempat rekreasi tersebut pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjual oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak diminati oleh orang-orang, baik dalam maupun luar negeri yakni Situbondo.

Di Situbondo, Anda dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tidak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Situbondo.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Situbondo yang Populer

– Manisan Kelapa
Manisan kelapa dari Situbondo akan dengan mudah Anda temui di toko oleh-oleh. Manisan kelapa biasanya dikemas menggunakan kemasan plastik transparan sehingga akan tampak irisan kelapa berbalut gula warna-warni. Jika Anda membeli manisan kelapa sebagai oleh-oleh, keluarga yang menanti Anda pasti senang mendapatkan oleh-oleh manis ini.

– Tape Sorgum

Masyarakat umum lebih mengenal sorgum yang dipakai sebagai salah satu pakan ternak. Padahal makanan ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu sumber karbohidrat karena kandungannya cukup tinggi. Tak heran, para petani di Situbondo menanam biji sorgum secara berkelanjutan. Bahkan diklaim sebagai salah satu hasil bumi yang utama dari petani setempat. Harapannya, biji sorgum dapat diolah semakin baik dan penjualannya meningkat pesat.

– Ikan Bakar Asap
Letak geografis dari kota ini berada di pesisir utara Pulau Jawa, sehingga menghasilkan ikan yang sangat melimpah. Tak heran, salah satu oleh-oleh yang paling terkenal yaitu ikan bakar asap. Cita rasa yang unik dari ikan menjadi salah satu daya tarik yang ditawarkan kepada para pengunjung. Pengolah ikan asap memakai ikan segar yang ditangkap langsung oleh nelayan dari pantai utara Pulau Jawa dan segera diolah agar tetap terjaga kesegarannya.

– Nasi Karak
Nasi Karak mirip dengan nasi kucing yang banyak ditawarkan di beberapa derah lainnya. Namun, pada sajian Nasi Karak di Situbondo ini menggunakan nasi yang diberi taburan parutan kelapa.

Biasanya dalam penyajiaj makanan khas Situbondo ini ditambahakn dengan lauk berupa tahu dan tempe goreng, serta ikan tongkol yang khas. Sehingga sajian makanan ini menjadi lebih nikmat saat disantap.

– Bakso Tekwoleh
Nama Tekwoleh berasal dari akronim bahasa Jawa nek gak entek digowo mulih yang berarti kalau tidak habisa bisa dibawa pulang.

Terdapat tiga ukuran dari Bakso Tekwoleh. Bakso nomor 3 adalah ukuran bakso paling kecil dengan diameter sekitar 7cm. Sementara bakso nomor 2 memiliki ukuran diameter skeitar 10 cm.

Terdapat tetelan daging dari tulang rusuk yang menambah cita rasa baksonya. Bakso paling besar adalah nomor 1. Bakso ini memiliki diameter sekitar 13 cm dengan isi tetelan yang sama namun lebih banyak.

– Kerajinan Kerang
Situbondo terkenal akan kekayaan biota lautnya, termasuk spesies kerang yang beraneka ragam. Kemudian, hal itu dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk mengolahnya menjadi kerajinan tangan yang menarik.

Perlu diketahui, kerang yang digunakan oleh para pengrajin kerang tentu berasal dari cangkang kerang yang sudah tidak terpakai. Pemanfaatan limbah cangkang kerang dengan langkah seperti ini merupakan pilihan yang tepat. Sebab, selain mengurangi limbah juga dapat menambah pemasukan ekonomi bagi masyarakat.

– Batik Situbondo
Batik Situbondo memiliki kekhasan tersendiri terutama dari motifnya. Pada umumnya, motif batik Situbondo merupakan motif-motif alam, khususnya alam pesisir. Motif tersebut diciptakan dengan sentuhan warna-warna yang kontras dan gambar yang indah.

Motif batik Situbondo banyak terinspirasi dari biota laut, yaitu kerang. Ada banyak penamaan untuk motif batik jenis ini seperti motif kerang tempel, kerang bertopeng, gelang bahari, dan motif yang lainnya. Anda bisa membeli batik Situbondo untuk membuat pakaian atau sekadar mempercantik dinding rumah.

– Nasi Sodu
pemilihan nasi sodu sebagai oleh-oleh dapat disiasati dengan cara membeli nasi dan lauknya yang dibungkus secara terpisah. Jika begitu, nasi sodu akan tetap nikmat disantap oleh keluarga Anda yang berada di luar Situbondo.

Nasi sodu terkenal akan kelezatannya. Nasi sodu disuguhkan dengan lauk berupa ikan, sayuran, sedikit kuah, dan kerupuk. Rasanya yang gurih dan mengenyangkan 

BACA SELENGKAPNYA Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Situbondo yang Paling Hits saat ini.akan membuat Anda ingin segera berwisata kembali ke Situbondo.

SUMBER: klikoleholeh.com


Tidak ada komentar untuk "12 Oleh-oleh Khas Situbondo yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini"