Widget HTML Atas

5 Rekomendasi Kuliner Khas Kendal

 


Kuliner khas Kendal memiliki cita rasa yang sangat luar biasa. Tidak ada salahnya apabila anda sedang atau akan berkunjung ke kota kendal untuk mencicip beberapa makanan khasnya yang terkenal. Kendal  merupakan salah satu kabupaten daerah di provinsi Jawa Tengah. Daerah ini selain memiliki pesona keindahan yang sangat luar biasa obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi oleh wisatawan Kendal juga memiliki beberapa makanan khas Kendal yang berikut kami berikan 5 rekomendasi kuliner khas kota Kendal.

1. Ayam Geprek Sako Kendal
Makanan yang satu ini sangat beda dengan ayam geprek lainnya. Ayam geprek yang pada umumnya menggunakan ayam tepung dan digeprek dengan cabe, ayam geprek sako ini menggunakan ayam goreng original. Penamaan ayam geprek sako ini dikarenkan proses pembumbuan ayamnya yang digeprek sehingga bumbunya meresap sampai ke tulang. Penyajiannya juga menggunkan Sako (Sambel Korek) jadi sudah pasti kepedasannya yang bikin nagih.

2. Sate Bumbon
Salah satu makanan khas yang berasal dari daerah kabupaten Kendal provinsi jawa tengah sate bumbon ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya membuat yang baru mencobanya ingin mencoba lagi dan lagi. Sate ini menggunakan 30 bumbu rempah di tambah jahe, kecap, bawang putih dan kemiri yang hadir di dalam satu porsi sate bumbon.
Sehingga, cita rasa yang ditimbulkan sangat beragam. Bahan dasar daging sapi, rasa manis sate bumbon nggak cuma datang dari kecap, lho. Daging sapi di sini mendapatkan lumuran gula merah yang direbus, sehingga rasa manisnya sangat khas.

3. Momoh
Jika sate bumbon menggunakan bahan dasar daging sapi, maka momoh menggunkan jeroan sapi. Momoh Kendal dapat dibedakan dalam dua macam, yaitu momoh goreng dan momoh berkuah. Pembuatan momoh Kendal yang nikmat, diperlukan waktu yang cukup lama. Hal itu dikarenakan jeroan sapi yang digunakan sebagai bahan dasar harus direbus dengan menggunakan kuali tanah liat hingga tiga jam lamanya. Bumbu yang diracik dimasukkan ketika jeroan sedang direbus. Setelah itu, jeroan dapat langsung digoreng

4. Mangut Lele
Ada beragam olahan mangut, biasanya dari ikan pare, ikan sembilang atau ikan manyung. Namun sudah jarang yang membuat mangut berasal dari ikan lele. Selama ini kita tahunya lele dimasak goreng atau dipecel. Selain mencoba olahan mangut lain, mangut lele perlu juga dicoba. Gurih daging lele ditambah gurih dan pedas kuah mangut, akan membuat kamu akan terus teringat dengan makanan ini.

5. Brongkos
rongkos Kendal berbahan dasar daging sapi yang diolah dengan bumbu rempah khas Kendal sehingga cita rasa brongkos sangat unik. Brongkos terbuat dari daging sapi yang dioleh dengan bumbu-bumbu khas yang menjadikan brongkos terasa berbeda dari olahan daging sapi yang lain. Bukan hanya berisi daging saja, Brongkos ada pelengkap lainnya juga seperti tahu goring, kulit, dan daun melinjo. Kuahnya menggunakan kuah santan, membuatnya semakin gurih.

BACA SELENGKAPNYA Berikut tadi 5 rekomendasi kuliner khas Kendal yang terkenal. Apabila anda sedang atau akan bepergian ke kendal harus mencoba sajian khas kendal.

SUMBER: ayamsako.com



Tidak ada komentar untuk "5 Rekomendasi Kuliner Khas Kendal"