Widget HTML Atas

Cara Membuat Rengginang khas Purworejo Anti Gagal


Rengginang menjadi salah satu makanan yang sudah tidak asing dan disukai oleh banyak kalangan. Makanan yang satu ini juga dapat Anda jumpai saat berkunjung ke Purworejo. Geblek merupakan salah satu makanan khas yang menjadi idaman warga Purworejo.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari rengginang khas purworejo, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan rengginang khas purworejo yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan rengginang khas purworejo sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Rengginang khas Purworejo memakai 6 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.
Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Rengginang khas Purworejo:
  • Siapkan 400 gr Beras Ketan Putih
  • Siapkan 5 siung Bawang Putih haluskan
  • Siapkan 200 ml air mendidih
  • Gunakan Secukupnya garam
  • Gunakan Secukupnya terasi
  • Ambil Minyak untuk menggoreng

 Proses pembuatan rengginang Purworejo ini masih menggunakan cara tradisional. Ketika berlibur atau mengunjungi sebuah daerah, memang tidak afdol rasanya tanpa membawa oleh-oleh untuk dinikmati di kota asal. Oleh-oleh khas dari Purworejo, misalnya berupa makanan khas yang bisa dinikmati sambil mengenang waktu liburan disana. Untuk penyuka camilan yang gurih dan renyah, ada oleh-oleh khas Purworejo yangbisa kamu nikmati bersama keluarga dan teman di rumah, yaitu rengginang.

Cara membuat Rengginang khas Purworejo:
  1. Cuci beras ketan dengan air sampai bersih, kemudian masukan dalam panci, sisihkan
  2. Haluskan bumbu Bawang putih, terasi dan garam. Selanjutnya masukkan bumbu kedalam panci beras ketan sambil diaduk sampai bumbu meresap dengan rata.
  3. Masukkan air mendidih ke dalam panci beras ketan yang telah diberi bumbu, masak sampai air mengering
  4. Pindahkan beras ketan ke kukusanuntuk dikukus sekitar 20 menit, sampai ketan matang. Angkat dan dinginkan.
  5. Lakukan pencetakan menggunakan tutup gelas, dan taruh di atas tampah.
  6. Jemur Rengginang 2-3 hari dibawah sinar matahari sampai kering, supaya saat digoreng bisa mengembang/mekar dan gurih
  7. Jika sudah kering rengginang siap digoreng. Goreng dengan minyak panas. Kalau sudah mengembang/mekar angkat dan tiriskan
  8. Siap dihidangkan.. dan simpan di dalam toples yang kedap udara.

Camilan yang renyah ini biasanya selalu ada saat perayaan Lebaran. Di daerah Purworejo rengginang sering dijadikan camilan. Makanan ringan ini dibuat dari nasi yang diberi bumbu kemudian dikeringkan. Panganan khas Purworejo yang satu ini terbuat dari tepung beras dan gula merah yang dimasak dalam pilinan daun kelapa yang masih muda (janur kuning).. Spoiler for rengginang: Panganan khas Purworejo yang satu ini termasuk jenis panganan gorengan yang terbuat dari ketan yang dimasak.

BACA SELENGKAPNYA Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat rengginang khas purworejo yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

SUMBER: kitchenplan.xyz


 


Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat Rengginang khas Purworejo Anti Gagal"