Widget HTML Atas

Clorot, Jajanan Pasar Tempo Dulu Khas Purworejo


Clorot merupakan kue tradisional khas daerah Purworejo, Jawa Tengah. Jajanan ini berbahan dasar tepung beras yang dibungkus dengan janur atau daun kelapa muda berbentuk kerucut seperti ice cream. Jajanan pasar ini merupakan jajanan legendaris masyarakat Purworejo yang digemari hingga sekarang. Sebab teksturnya yang sedikit lengket, rasanya yang manis gurih serta bentuknya yang unik, membuat banyak orang merasa ketagihan akan jajanan satu ini.

Clorot bisa kalian temukan di pasar-pasar tradisional Purworejo. Biasanya dijual dalam 1 ikatan yang berisi 10 clorot dengan harga Rp10.000 saja, murah bukan? Cara memakan clorot  pun cukup unik lho guys! Bukan dengan membuka bagian atas janur, tetapi dengan menekan bagian bawah kerucut hingga clorot keluar, lalu dimakan.

Cara pembuatan clorot ini bisa dibilang cukup mudah yaitu gula kelapa, santan dan daun pandan direbus sampai matang. Kemudian cairan manis ini dicampurkan dengan tepung beras dan tepung sagu sampai merata. Lalu janur dibentuk kerucut untuk digunakan sebagai cetakan, kemudian tuangkan adonan ke janur sampai tiga perempat penuh dan kukus hingga adonan matang dan mengeras. Clorot siap disantap!

BACA SELENGKAPNYA Clorot meskipun masih dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional tetapi eksistensinya pun seiring berjalan waktu semakin memudar. Banyak sekali jajanan tradisional yang semakin kalah saing dengan jajanan atau camilan kekinian yang modern. Kita sebagai anak muda agaknya tidak mudah melupakan jajanan tradisional dari daerah kita masing-masing, agar tetap ada sebagai salah satu ciri khas dari daerah kita dan dapat makin dikenal di Indonesia!

sumber : osc.medcom.id


 



Tidak ada komentar untuk "Clorot, Jajanan Pasar Tempo Dulu Khas Purworejo"