Widget HTML Atas

Jenang Krasikan Kuliner Khas Purworejo yang Lembut dan Lumer di Lidah


Ada sebuah kuliner lawas yang sayang jika Anda lewatkan ketika berkunjung ke area Jawa Tengah dan sekitarnya. Jenang Krasikan namanya. Meski menggunakan nama jenang pada nama depannya, namun jenang yang satu ini tidak berbentuk seperti jenang pada umumnya.

Dalam bahasa Jawa jenang berarti bubur. Namun jenang yang satu ini sangatlah berbeda, baik dari segi bentuk tekstur maupun rasa. bentuk Jenang Krasikan tidak encer seperti bubur pada umunya, namun hampir mirip dengan dodol dengan tekstur yang sedikit lebih lembut. Bahkan, bagi Anda penggemar dodol, mencoba Jenang Krasikan menjadi pilihan yang menarik dan menyenangkan.

Jenang Krasikan merupakan salah satu kuliner khas Purworejo yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan gurihnya santan dan manisnya gula merah dengan sedikit garam sebagai bumbunya. Soal rasa sudah bisa ditebak, manis namun tidak eneg. Satu lagi yang perlu diketahui, jajanan tempo dulu yang satu ini memiliki tekstur yang sangat unik yang tidak dimiliki oleh jajanan lawas lainnya. Krenyes-krenyes itulah hal yang cocok menggambarkan tekstur unik yang ada di Jenang Krasikan.

Beras ketan, setelah direndam selama semalaman lalu ditiriskan dan disangrai, bahan utama Jenang Krasikan ini lalu ditumbuk kasar. Tekstur dari beras ketan inilah yang membuat citarasa Jenang Krasikan menjadi berbeda dengan yang lainnya. Kuliner yang satu ini ada yang dijual berupa potongan-potongan kecil yang dijual seribu rupiah per potongnya, namun ada pula yang dijual dengan kisaran harga tertentu. Umumnya Jenang Krasikan berukuran sedang dijual seharga 20 hingga 40 ribu rupiah, tergantung dengan besar dan ketebalannya.

BACA SELENGKAPNYA Kemasan makanan yang satu ini cukup sederhana, hanya dibungkus dengan plastik bening saja. Ketika memasuki lebaran, Jenang Krasikan banyak dijajakan oleh pedagang-pedagang makanan kecil. Kudapan khas ini menjadi salah satu makanan yang sering disajikan saat berkumpul bersama keluarga di rumah. Jika anda ingin mendapatkan Jenang Krasikan tidaklah begitu sulit. Kudapan ini dapat ditemukan di pusat oleh-oleh maupun pasar-pasar tradisional di kawasan Jawa Tengah dan Yogyakarta.

SUMBER ksmtour.com


 


Tidak ada komentar untuk "Jenang Krasikan Kuliner Khas Purworejo yang Lembut dan Lumer di Lidah"