Widget HTML Atas

Kisah Perusahaan Raksasa: HP Enterprise, Pebisnis Teknologi Informasi Spin-off dari HP

 


Hewlett Packard Enterprise Company (HPE) adalah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang bergerak dalam bidang teknologi informasi dengan basis di Texas.
HPE merupakan salah satu perusahaan raksasa Global 500 yang dirilis Fortune tahun 2020 dengan total pendapatan (revenue) 29,13 miliar dolar AS.
HPE merupakan sebuah perusahaan terpisah dari Hewlett-Packard (HP) yang secara resmi dibentuk per 1 November 2015, di California. 
Korporasi pada dasarnya berfokus pada bisnis yang bekerja dalam bidang server, penyimpanan, jaringan, penampung perangkat lunak, serta konsultasi dan dukungan.
Pemisahan ini disusun sehingga Hewlett-Packard Company sebelumnya akan berubah nama menjadi HP Inc dan memisahkan Hewlett Packard Enterprise (HPE) sebagai perusahaan yang baru dibuat.
HP Inc mempertahankan komputer pribadi dan bisnis pencetakan HP lama. Riwayat harga saham dan simbol ticker NYSE asli untuk Hewlett-Packard tidak berubah.
Sementara untuk HPE telah berdagang di bawah simbol tickernya sendiri yaitu HPE. Pada saat spin-off, pendapatan HPE sedikit lebih rendah dari HP Inc.
HPE diketahui tumbuh dalam berbagai proses akuisisi dengan sejumlah perusahaan. Perusahaan mengakuisisi Silicon Graphics International (SGI) senilai 7,75 dolar AS per saham atau total 275 juta dolar AS. HPE mengumumkan "spin-merge" dengan Micro Focus, yang akan mengakuisisi perangkat lunak "non-inti" HPE (termasuk unit HP Autonomy), dan pemegang saham HPE akan memiliki 50,1 persen dari perusahaan hasil merger, yang akan mempertahankan namanya saat ini. Keduanya berlangsung pada 2016

Sementara di tahun 2017, HPE mengakuisisi platform manajemen data SimpliVity seharga 650 juta dolar AS, Nimble Storage Inc senilai 1,2 miliar dolar AS. Di tahun yang sama dilaporkan bahwa Synack telah mengumpulkan 21 juta dolar AS dalam putaran pendanaan yang mencakup Hewlett Packard Enterprise.

Pada tahun 2017, HPE memisahkan bisnis Layanan Perusahaan dan menggabungkannya dengan Computer Sciences Corporation menjadi DXC Technology. Juga pada tahun 2017, ia memisahkan segmen bisnis perangkat lunaknya dan menggabungkannya dengan Micro Focus.

HPE menduduki peringkat No. 107 dalam daftar Fortune 500 2018 dari perusahaan Amerika Serikat terbesar berdasarkan total pendapatan. 

BACA SELENGKAPNYA Akuisisi berlanjut di tahun 2019. Pada Mei, Hewlett Packard Enterprise mengumumkan rencana untuk mengakuisisi Cray Inc seharga 35 dolar AS per saham. Pengumuman datang segera setelah Cray mendapatkan kontrak 600 juta dolar AS dari Departemen Energi AS untuk memasok superkomputer Frontier ke Laboratorium Nasional Oak Ridge pada tahun 2021. Akuisisi tersebut diselesaikan pada September 2019 dalam transaksi senilai sekitar 1,4 miliar dolar AS.

SUMBER: wartaekonomi.co.id

Tidak ada komentar untuk "Kisah Perusahaan Raksasa: HP Enterprise, Pebisnis Teknologi Informasi Spin-off dari HP"