Widget HTML Atas

One-Onde Khas Purwodadi



Kenapa onde-onde ori? Karena bahan utama untuk membuat onde-onde ori ini harus berkualitas tinggi dan mempunyai rasa atau ciri khas yang berbeda dibandingkan dengan onde-onde lainnya. Jajanan ini juga termasuk kedalam makanan khas Purwodadi karena keberadaannya yang sudah lama.

Onde-onde ori juga menjadi jajanan yang popular untuk mengisi perut, untuk menikmati jajanan ini biasanya dibarengi dengan menonton film atau sebuah pertunjukan. Makanan khas Purwodadi yang satu ini memiliki harga yang murah. 

Resep onde-onde 

Bahan:

 75 gram kacang hijau kupas, rendam 1 jam 50 gram 

gula pasir 

1 lembar daun pandan, simpulkan 

1/4 sendok teh garam 

200 ml santan dari 1/4 butir kelapa 


Bahan kulit: 

250 gram tepung ketan putih 

50 gram kentang kukus, dihaluskan 

65 gram gula pasir halus 

1/2 sendok teh garam 

120 ml air hangat untuk pencelup 

75 gram wijen untuk pelapis 

800 ml minyak padat untuk menggoreng 


Cara membuat onde-onde: 

1. Buat isian, kukus kacang hijau selama 20 menit. Angkat. 

2. Tambahkan gula pasir, daun pandan, garam, dan santan pada kacang hijau. Masak sambil diaduk sampai kalis, kemudian angkat. Biarkan dingin. Timbang masing-masing 10 gram. Bulatkan. Baca juga: Resep Gandasturi, Gorengan Kacang Hijau yang Gurih Manis 

3. Lanjutkan dengan membuat bagian luar atau kulit onde-onde. Campur tepung ketan putih, kentang, gula pasir halus, dan garam. Aduk rata. 

4. Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis dan licin. 

5. Timbang masing-masing 20 gram. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bulat. Celupkan kedalam air. Gulingkan di atas wijen. 

6. Goreng dengan minyak tidak terlalu panas dengan api kecil sambil diaduk-aduk berputar sampai mengembang. Besarkan apinya menjadi api sedang. Goreng sampai matang.

BACA SELENGKAPNYA Onde-onde ori juga menjadi jajanan yang popular untuk mengisi perut, untuk menikmati jajanan ini biasanya dibarengi dengan menonton film atau sebuah pertunjukan. Makanan khas Purwodadi yang satu ini memiliki harga yang murah. 



Tidak ada komentar untuk "One-Onde Khas Purwodadi"