Widget HTML Atas

Pesan Wapres Maruf Amin ke Generasi Muda: Mulailah Berinvestasi


Wakil Presiden RI (Wapres) Ma'ruf Amin memberi pesan ke generasi muda agar mulai berani melakukan investasi. Saat ini, banyak instrumen investasi yang berbasis syariah.

Ia menjelaskan, salah instrumen investasi syariah yang bisa dimanfaatkan yaitu pasar modal syariah.

"Kepada generasi muda, saya berpesan mulailah belajar investasi," ujar Wapres dalam pembukaan Learning Modul Pasar Modal Syariah di Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Namun demikian, Wapres mengingatkan, para generasi muda lebih memahami dulu instrumen investasi yang akan dimanfaatkan. Menurut dia, dengan perkembangan teknologi banyak investasi yang ditawarkan, sehingga perlu pemahaman agar tidak salah pilih.

"Kemajuan teknologi memberikan kemudahan dalam pembelajarannya, tapi untuk mendapatkan informasi yang valid generasi muda harus memperoleh dan sumber yang kredibel," imbuh dia.

Dalam hal ini, Wapres memastikan berinvestasi di pasar modal syariah halal, karena ada fatwa-fatwa dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

"Banyak diantara masyarakat kita yang masih ragu berinvestasi di pasar modal Syariah tentang kehalalannya, meski sudah ada fatwa-fatwa yang memberi landasan kehalalannya," ucapnya.

Maka dari itu, Wapres juga meminta semua pihak untuk melakukan sosialisasi dan edukasi terkait dengan kehalalan berinvestasi di pasar modal.

Menurutnya, landasan hukum Islam dalam kegiatan pasar modal syariah adalah Muamalah yang artinya boleh, sepanjang tidak ada dalil-dalil yang membuat kegiatan itu dilarang atau diharamkan.

BACA SELENGKAPNYA "Asal daripada bermuamalah itu adalah boleh Khalifah kecuali ada dalil yang mengharamkannya, sedangkan yang dilarang menurut Syariah juga sudah jelas yaitu yang mengandung unsur riba, maksiat, dan kegiatan yang sifatnya spekulatif dan manipulasi," pungkas dia.

SUMBER: suara.com


 


Tidak ada komentar untuk "Pesan Wapres Maruf Amin ke Generasi Muda: Mulailah Berinvestasi"